Nasional

Sebanyak 5.000 Umat Hindu Hadiri Dharma Canti

Denpasar, 6/4 (Pinmas) - Sebanyak 5.000 umat Hindu yang ada di Bali, Kamis (6/4) petang pukul 18.00 Wita, akan melaksanakan kegiatan ritual Dharma Canti di lapangan Puputan Badung, Denpasar, dalam rangkaian hari Raya Suci Nyepi Tahun Baru Caka 1928. "Serangkaian pelaksanaan hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1928, Pemkot Denpasar bersama Forum Sabha Acarya akan melaksanakan Dharma Canti di lapangan Puputan Badung," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Denpasar Erwin Surya Darma, di Denpasar, Kamis.

Menurutnya, kegiatan yang rutin diselenggarakan setelah hari Raya Nyepi ini merupakan ajang silahturahmi dan simakrama antara umat beragama di Denpasar. Melalui acara ini, menurut Erwin, akan semakin menumbuhkan keimanan umat beragama utamanya umat hindu dalam menjalankan keyakinannya kepada Ida Sang Hyang Widi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa."Lewat acara ini umat Hindu kami harapkan lebih meningkatkan instrospeksi diri dan mulat sarira dalam menghadapi kehidupan ini," katanya.

Apalagi, katanya, dalam kondisi yang masih serba sulit umat diingatkan untuk selalu mengedepankan pendekatan humanis dalam setiap tindakannya sehingga kehidupan dan toleransi antara umat beragama akan semakin baik. Ketua Sabha Acarya atau Forum Kerukunan Guru Agama Hindu Kota Denpasar Drs. IB. Made Putra mengatakan sekurangnya 5000 umat akan menghadiri acara tersebut. "Selain dihadiri umat Hindu, acara ini juga akan dihadiri umat beragama lainnya yang ingin mengucapkan selamat hari raya," katanya.

Disamping itu, menurut Putra, juga akan dihadiri sejumlah guru se-Kota Denpasar para tokoh masyarakat serta para pejabat di lingkungan Pemkot Denpasar. Untuk memberikan siraman rohani kepada peserta Dharma canti juga akan dihadirkan Ida Pedanda Gde Made Gunung yang akan memberikan Dharma Wecana seputar masalah Nyepi dan kehidupan beragama di Bali.(ant/myd)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua