Nasional

Sejak Januari 2022, Siswa MTsN 1 Pati Raih 3.533 Medali Even Nasional dan Internasional

MTsN 1 Pati

MTsN 1 Pati

Pati (Kemenag) --- Prestasi demi prestasi terus diraih siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Pati. Sejak Januari 2022, siswa madrasah ini berhasil mengumpulkan 3.533 medali.

Prestasi ini diraih dari 77 kompetisi, baik tingkat nasional maupun internasional. Mereka mengumpulkan 1.349 medali emas, 1.207 perak, 864 perunggu, dan 113 honourable mention. Bahkan, dari 77 even yang diikuti, lima di antaranya, MTsN 1 Pati meraih medali terbanyak, mencapai 1.229 medali. Kelima ajang kompetisi tersebut ialah Asian Mathematic Competition, International Science Mathematic, National Science and Mathematic Olimpyad, National Science Olimpyad, dan Olimpiade Nasional.

Pada tingkat nasional, rekor terbanyak perolehan medali dalam ajang National Science Olimpyad, yaitu 523 medali (276 emas, 184 perak, 58 perunggu, dan 5 harapan). Kemudian, disusul dengan perolehan 327 medali dalam ajang National Science and Mathematic Olimpyad (187 emas, 95 perak, 38 perunggu, dan 6 honorable mention. Terakhir, dalam ajang Olimpiade Nasional, siswa MTsN 1 Pati berhasil meraih 241 medali (44 emas, 86 perak, 83, dan 28 honorable mention.

Pada kompetisi internasional, MTsN 1 Pati juga berhasil mengungguli perolehan medali negara-negara lain. Perolehan medali terbanyak diraih dalam International Science Mathematic, sebanyak 103 medali (69 emas, 19 perak, dan 15 perunggu). Kemudian, dalam Asian Mathematic Competition, siswa MTsN 1 Pati berhasil memborong 35 medali (30 emas, 1 perak, dan 4 perunggu).

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, sangat bersyukur atas persembahan prestasi terbaik para siswa. “Ini berkat rahmat Allah, di samping kerja cerdas, kerja keras, dan kerja ikhlas seluruh stakeholder madrasah, terutama perjuangan dan pengorbanan para siswa, guru pembimbing, dan wali siswa,” tuturnya di Pati, Rabu (16/2/2022).

Sejak dinobatkan sebagai Madrasah Riset dan Madrasah Unggulan Akademik Nasional, lanjut Ali Musyafak, MTsN 1 Pati kini memperoleh penghargaan sebagai Madrasah / Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Pati. “Kami terus berbenah dengan melakukan terobosan-terobosan terbaik. Semoga usaha keras kami dalam melayani para pecinta MTsn 1 Pati ke depan membuahkan hasil yang sempurna, yaitu mencetak generasi bangsa yang cerdas, berkarakter akhlakul karimah, unggul mendunia dan keren,” imbuhnya.

Syafak berharap MTsN 1 Pati benar-benar bisa menjadi madrasah yang uswatun hasanah dan istiqomah sebagaimana visi-misi madrasah.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua