Moderasi Beragama

Sekjen: Seluruh ASN Kemenag Harus 'Melek' Moderasi Beragama

Sekjen Kemenag Nizar (Novam)

Sekjen Kemenag Nizar (Novam)

Bandung (Kemenag) --- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenag Nizar meminta ASN Kemenag yang tersebar di seluruh Indonesia harus melek Moderasi Beragama. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah pelatihan penguatan Moderasi Beragama.

Hal ini disampaikan Sekjen saat membuka Rapat Kerja Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama 2021 yang digelar di Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Rapat Kerja PKUB dengan mengusung tema PKUB dalam Moderasi Beragama ini akan berlangsung 9 - 11 Juni 2021 di Kabupaten Bandung. Turut mendampingi Sekjen, Kepala PKUB Kemenag RI Nifasri dan Kakanwil Kemenag Jabar Adib.

"Saya minta kepada seluruh Kanwil Kemenag dan kabupaten/kota menyiapkan anggaran untuk kegiatan pelatihan penguatan Moderasi Beragama bagi kalangan ASN Kemenag ini. Sisir anggaran kegiatan dan alihkan untuk kegiatan pelatihan Moderasi Beragama," tegas Sekjen Nizar, Rabu (9/6/2021).

"Penguatan Moderasi Beragama merupakan program prioritas pertama Kementerian Agama di bawah kepemimpinan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Saya harap ini menjadi perhatian kita bersama, khususnya Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag se Indonesia," sambung Sekjen.

Dijelaskan Sekjen kegiatan Penguatan Moderasi Beragama di kalangan ASN Kemenag ini akan digelar serentak pada September - Desember 2021.

Saat ini, lanjut Sekjen, Kemenag sedang menyusun modul pelatihan Moderasi Beragama bagi ASN, TNI/Polri, Penyuluh Agama, para pendidik guru dan dosen, serta stakeholder lainnya.

"Selain ASN melek Moderasi Beragama, pelatihan ini juga akan menyamakan persepsi agar apa yang disampaikan terkait Moderasi Beragama secara nasional hingga ke daerah itu sama. Pelatihan ini nantinya akan menghadirkan dan mendatangkan narasumber tingkat nasional, instruktur nasional hingga fasilitator nasional," ujar Nizar.

Sekjen kembali mengaskan kepada Kanwil Kemenag provinsi dan kabupaten/kota untuk dapat melaksanakan kegiatan penguatan Moderasi Beragama tersebut dan Kemenag akan melakukan evaluasi.

"Moderasi Beragama itu penting. Negara akan hancur bila warganya tidak rukun. Ke depan bapak dan ibu yang mengikuti Rapat Kerja ini adalah tokoh penting dalam mengawal dan implementasi Moderasi Beragama di Indonesia," kata Sekjen.

Kakanwil Kemenag Jabar Adib menyambut baik digelarnya Rapat Kerja PKUB 2021 di Kabupaten Bandung.

"Alhamdulillah kegiatan penting ini digelar di Bandung yang memberi isyarat indeks kerukunan umat beragama di Provinsi Jawa Barat akan naik. Sebelumnya kami bersama Pemprov Jabar sudah mendeklarasikan Jabar sebagai rumah bersama bagi umat beragama. Jabar sudah bertekad akan menjadi provinsi terdepan dalam kerukunan umat beragama," tandas Adib.

Ketua Panitia Raker PKUB 2021, Desmon Andrian dalam laporannya mengatakan, kegiatan yang berlangsung selama tiga hari ini diikuti 100 peserta yang terdiri dari para Kepala Bagian Tata Usaha, para Kasubbag Ortala dan KUB Kanwil Kemenag se Indonesia.

Kegiatan ini menghadirkan sejumlah narasumber, di antaranya Sekjen Kemenag, Kepala PKUB Kemenag, Stafsus Menteri Agama, Kakanwil Kemenag Jabar, Direktur Agama Pendidikan dan Kebudayaan Kementerian Bappenas serta Direktur Anggaran Bidang Pembangunan Manusia dab Kebudayaan Kementerian Keuangan.


Editor: Moh Khoeron

Moderasi Beragama Lainnya Lihat Semua

Program Kemenag Lainnya Lihat Semua