Pojok Gusmen

Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak, Terus Perkuat Moderasi Beragama 

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Menag Yaqut Cholil Qoumas

Namo Buddhaya. Tri Suci Waisak senantiasa mengingatkan umat Buddha pada tiga peristiwa penting, yaitu: Lahirnya Pangeran Siddharta, Pangeran Siddharta mencapai Penerangan Agung dan menjadi Buddha, serta Buddha Gautama parinibbana. Pangeran Siddharta telah mengajarkan umat Buddha tentang Majjhima Patipada, ajaran tentang pentingnya praktik kehidupan beragama yang berprinsip jalan tengah atau moderat.

Prinsip ini sangat dibutuhkan dalam menjaga kerukunan dan kedamaian. Seluruh umat Buddha Indonesia tentu mempunyai tanggung jawab yang sama untuk ikut membangun masyarakat yang rukun damai dan sejahtera. Dan itu bisa dilakukan dengan memahami kebenaran Dharma yang hakiki.

Saya, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Agama RI mengucapkan selamat memperingati Hari Tri Suci Waisak 2566 Tahun Buddhis. Mari terus perkuat moderasi beragama dan rekatkan tali persaudaraan antar sesama. Ini sebagaimana diajarkan dalam Kitab Suci Dhammapada, syair 194, bahwa “Kelahiran para Buddha merupakan sebab kebahagiaan, pembabaran ajaran benar merupakan sebab kebahagiaan, persatuan merupakan sebab kebahagiaan, dan usaha perjuangan mereka yang telah bersatu merupakan sebab kebahagiaan”.

Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak kepada seluruh umat Buddha Indonesia!


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Pojok Gusmen Lainnya Lihat Semua

Lainnya Lihat Semua