Idulfitri 1442H

Selamat Idulfitri dan Peringatan Kenaikan Yesus Kristus di IDzoom Fitri Kemenag

Jakarta (Kemenag) --- Hari kedua lebaran Idulfitri, keluarga besar Kementerian Agama menggelar Halal Bihalal Virtual bertajuk "IDzoom Fitri.

Hadir, Menag Yaqut Cholil Qoumas beserta Ibu Eny Yaqut di rumah dinas Widya Candra. Melalui sambungan virtual, Menag menyapa dengan lebih kurang 800 jajarannya, mulai dari Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi, pejabat eselon I, II, III pusat, serta Kakanwil, Pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), dan Kepala Kankemenag Kab/Kota.

Gusmen, sapaan karib Menag Yaqut, menyampaikan permohonan maaf seraya berdoa semoga Allah menerima seluruh amal ibadah yang telah kita lakukan. 

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya ucapkan Selamat Idulfitri. Minal aidin wal faizin, kulla ‘aamin wa antum bi khair, taqabbalallahu minna wa minkum, taqabbal ya Kariim. Mohon maaf lahir dan batin kepada bapak ibu semua,” ungkap Gusmen, di Jakarta, Jumat (14/5/2021).

“Dalam kita berinteraksi ini pasti ada kesalahan-kesalahan yang dilakukan sebagai Menteri Agama RI, baik yang sengaja maupun tidak. Saya berharap, Bapak, Ibu rida dan mengikhlaskan jika ada kesalahan-kesalahan yang selama ini kami perbuat,” sambungnya. 

Menag berharap, acara semacam ini dapat terus diperluas, tidak hanya dengan jajaran pimpinan, tetapi hingga tukang sapu di Kemenag. “Tahun depan itu kita wujudkan, kalau masih pandemi,” katanya. 

Menag Yaqut juga mengucapkan Selamat memperingati Kenaikan Yesus Kristus ke Surga bagi umat Kristiani. Tahun ini, momen peringatan Kenaikan Yesus Kristus ke Surga bersamaan dengan 1 Syawal 1442H, 13 Mei 2021. 

“Mudah-mudahan apa yang diajarkan Yesus Kristus kepada umat Kristiani, dapat diamalkan dengan baik, sehingga kehidupan kita berbangsa dan bernegara juga menjadi lebih baik,” kata Menag.

Dalam kesempatan yang sama, selaku Penasihat Dharma Persatuan (DWP) Kemenag Eny Yaqut juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh jajaran Kemenag. 

"Dalam interaksi kita selama ini, pasti ada kesalahan yang kami perbuat. Oleh karena itu, kami memohon maaf lahir dan batin. Selamat Idulfitri kepada Ibu Bapak sekalian," ungkap Eny.