Nasional

Seleksi PHD, Kemenag Ingatkan Komitmen Pelayanan Petugas Haji

Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta

Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta

Jakarta (Kemenag) --- Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama akan segera menggelar seleksi Petugas Haji Daerah (PHD). Dirjen PHU Hilman Latief mengingatkan pentingnya komitmen pelayanan petugas dalam melayani jemaah haji.

Hilman Latief mengapresiasi daerah yang telah memilih PHD yang memiliki semangat yang tinggi dalam melayani dan bukan untuk dilayani. “Kepala Biro Kesra telah membawa semangat memilah dan memilih calon PHD yang memiliki semangat melayani jemaah, bukan dilayani, karena tugasnya melayani tamu Allah namun saat di Tanah Suci kebalik malah dilayani. Kami minta komitmen itu,” kata Hilman dalam Sinkronisasi dan Rapat Teknis Admin Seleksi Calon Petugas Haji Daerah di Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Hilman mengatakan, salah satu upaya perbaikan yang dilakukan di era normal adalah memperbaiki model seleksi perekrutan calon petugas haji. Terobosan ini penting mengingat tugas mereka tidak mudah.

Pada musim haji tahun 1444H/2023M, ada sekitar 64 ribu jemaah haji lanjut usia (lansia) yang harus difasilitasi dan dilayani. “Berdasarkan data yang kami miliki bahwa tahun ini ada kurang lebih 62ribu jemaah lanjut usia (lansia) yang harus kita fasilitas dan kita layani. Oleh karena itu kami mempersiapkan berbagai hal terkait mitigasi layanan lansia dengan standar, aspek kesehatan maupun layanan umumnya,” terang Hilman.

Petugas haji, sambung Hilman, akan diberikan wawasan khusus dalam menangani jemaah lansia. Tahun ini Kemenag memiliki tagline Haji Ramah Lansia.

“Petugas harus mempunyai semangat dan antusiasme yang tinggi serta mampu berkomunikasi dengan orang tua dengan menggunakan bahasa yang baik, dan memuliakannya atau ramah lansia," sebutnya.

“Tantangan ke depan adalah pelayanan lansia yang penuh dengan antusiasme, tenaga full, energic serta bisa berbicara dengan orgtua menggunakan bahasa yang baik," sambungnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Bina Haji Arsad Hidayat serta Kepala Sub Direktorat Bina Petugas Muhammad Khanif, 34 Kepala Biro Kesra Sektetaris Daerah, para Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama Provinsi seluruh Indonesia.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua