Selesaikan 734 SK Kenaikan Pangkat, Layanan Kemenag Aceh Diapresiasi BKN

Banda Aceh (Kemenag) --- Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh telah menyelesaikan 734 Surat Keputusan (SK) Kenaikan Pangkat pegawainya untuk periode 1 Oktober 2021.

Penyelesiaan SK ini dikerjakan dalam konsinyering bersama Kantor Regional XIII BKN Provinsi Aceh. Konsinyering dilakukan dua kali. Sebanyak 502 SK diselesaikan pada maret lalu untuk kepangkatan 1 April 2021. Sebanyak 734 SK diselesaikan dalam konsinyering akhir September ini.

Secara simbolis, Kepala Kanreg XIII Provinsi Aceh Ojak Murdani menyerahkan SK tersebut kepada Kepala Kanwil Kemenag Aceh Iqbal dan selanjutnya diserahkan kepada para Kepala Kankemenag Kabupaten/kota.

Iqbal menyampaikan terima kasih atas kerjasama yang baik dengan BKN dalam merampungkan SK kenaikan pangkat dengan tepat waktu. Konsinyering SK Kenaikan Pangkat ini merupakan terobosan di kanwil. “Tujuannya untuk layanan cepat, efektif, dan efesien. Seiring era digitalisasi, semua harus dikerjakan dalam waktu yang relatif cepat, mulai dari pertimbangan teknis (Pertek), hingga jadi SK-nya,” katanya di Banda Aceh, Kamis (30/9/2021).

Ia berharap SK yang sudah selesai segera dibagikan kepada para pegawai yang bersangkutan, sekaligus untuk sosialisasi terkait usulan, teknik, aplikasi, hingga terbitnya SK. "Ke depan kita harapkan tak ada yang mengeluh, misalnya hilangnya bahan atau keluhan lainnya, terkait kepangkatan. Kita terus berinovasi. Secara bertahap kita terus gunakan aplikasi kepangkatan, dan terus disempurnakan," ucapnya.

Menurut Iqbal, Kanwil telah meluncurkan Aplikasi Pelayanan Informasi Kepegawaian Tahun 2020 (APIK-20) guna meningkatkan pelayanan kepegawaian. "Banyak keluhan kenaikan pangkat. Atas dasar itulah kami berfikir, kita harus mengatasi dan mempercepat agar bisa ditangani dan tidak ada keluhan dari pegawai," ungkapnya.

Kepala Kantor Regional XIII BKN Provinsi Aceh Ojak Murdani mengapresiasi inovasi kepegawaian yang dilakukan Kanwil Kemenag Aceh. Ojak mengatakan belum ada yang sebanding dengan Kanwil Kemenag Aceh dalam proses pelayanan kenaikan pangkat di Provinsi Aceh.

“Kami apresiasi kinerja Kemenag Aceh. Kami sampaikan bahwa variabel sukses kinerja di BKN itu ada belasan, salah satunya kenaikan pangkat. Dan hari ini Kanwil telah berhasil menyelesaikannya dengan jumlah SK tertinggi,” katanya.

“Saya berharap sinergi yang selama ini telah terbangun antara Kanwil Kemenag Aceh dan BKN di bawah kepemimpinan Pak Iqbal terus terpelihara dan akan mampu melahirkan berbagai terobosan lainnya dalam layanan kepegawaian,” lanjutnya.

Ia mengatakan di era digital ini, persyaratan untuk kenaikan pangkat pun sudah digital. BKN tidak mau mendengar lagi ada istilah bahan tidak lengkap (BTL). Tidak ada lagi istilah orang tidak bisa naik pangkat, sebab ada regulasi untuk itu.

"Tahun depan kita tingkatkan lagi kemitraan ini. Ini bagian layanan birokrasi kita. Kami tentu bersyukur, ini bagian dari kemuliaan untuk teman-teman dan bakti kita bersama," katanya.