Semarak Peringatan, Kemenag akan Rilis Lagu Hari Anak Nasional

Bogor (Kemenag) --- Hari Anak Nasional (HAN) diperingati setiap 23 Juli. Tahun ini, dalam rangka menyemarakkan peringatan HAN, Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama menggelar serangkaian kegiatan, salah satunya adalah rilis lagu Hari Anak Nasional.

Direktur KSKK Madrasah M Isom Yusqi mengatakan, sejauh ini lagu Hari Anak Nasional belum ada. Untuk itu, pihaknya menginisiasi hal tersebut dengan menggandeng pencipta lagu dan pelatih vokal Etta Herawati atau yang dikenal dengan Mbak Bertha. 

“Kami menggandeng Mbak Bertha dengan harapan lagu Hari Anak Nasional ini bisa dinikmati oleh seluruh anak Indonesia, apapun sukunya, rasnya, dan agamanya. Lagu ini sudah dikonsultasikan dengan para ahli psikolog dan musisi, terutama terkait dengan efek psikologi ke anak,” ungkap Isom di Jakarta, Jumat (29/7/2022).

“Insya Allah, lagu ini akan di-lauching ketika Pentas Seni Hari Anak Nasional 2022 yang rencananya akan diselenggarakan di JungleLand Sentul Bogor, pada 9 Agustus 2022,” sambungnya.

Menurutnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas beserta Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag Eny Retno dijadwalkan turut hadir pada acara pentas tersebut. Keduanya akan bernyanyi bersama anak-anak Indonesia. 

“Kami sudah mengundang Bapak dan Ibu Menteri Agama RI untuk menghadiri acara pentas tersebut. Mudah-mudahan tidak ada haling rintang dan kegiatannya bisa berjalan lancar,” harap M. Isom.

Di Kementerian Agama, lanjut Isom, Direktorat KSKK Madrasah yang mendapat amanah untuk menyemarakkan peringatan memperingati HAN 2022. Sebab Direktorat KSKK yang memiliki tugas dan fungsi pembinaan terhadap seluruh madrasah (dari Raudlatul Athfal, Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga Aliyah) yang ada di Indonesia, dan di dalamnya ada anak-anak. 

“Meskipun Hari Anak Nasional jatuh pada tanggal 23 Juli lalu, kami akan tetap memperingatinya pada bulan Juli dan Agustus. Semangat HAN akan tetap kami perhatikan,” ujarnya.

Isom menjelaskan rangkaian HAN diisi dengan sejumlah kegiatan. Selain rilis lagu HAN, pihaknya pada 28 Juli 2022 juga telah mengajak Eny Retno Yaqut untuk mengajar, mendongeng, dan bermain bersama 105 siswa-siswi Raudlatul Athfal Perwanida 5 Nurul Fajar Pabuaran Bojonggede, Bogor. 

“Kami sengaja mengajak Ibu Menteri Agama, Bu Eny Retno Yaqut, untuk mengunjungi anak-anak di RA Perwanida 5 Nurul Fajar, Pabuaran Bojonggede, Bogor. Selain mengunjungi, Ibu Menteri Agama juga memperkenalkan kepada anak-anak anggota tubuh dan cara menjaganya. Anggota mana saja yang boleh disentuh dan tidak boleh disentuh. Siapa saja yang boleh menyentuh dan yang tidak boleh menyentuh. Serta bagaimana bersikap kepada orang asing,” jelas Isom. 

“Tentu ini bertujuan agar anak-anak bisa terhindar dari kekerasan atau kejahatan anak,” lanjutnya yang juga hadir di RA Perwanida 5 Nurul Fajar. (hamam)