Sertijab, Karo HDI: Teruskan yang Baik, Kembangkan yang Lebih Baik

Jakarta (Kemenag) --- Menag Yaqut Cholil Qoumas melantik Ahmad Fauzin sebagai Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi. Pelantikan berlangsung di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Jakarta, 27 April 2022.

Ahmad Fauzin menggantikan Thobib Al-Asyhar yang sebelumnya menjabat sebagai Plt Kepala Biro HDI. Saat ini, Thobib diberi amanah sebagai Kasubdit Kelembagaan pada Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis).

“Program yang selama ini sudah berjalan dengan baik di masa kepemimpinan Pak Thobib, kita teruskan. Setiap ada peluang pengembangan ke arah yang lebih baik lagi, itu juga kita lakukan,” ujar Ahmad Fauzin saat serah terima jabatan dengan Thobib Al-Asyhar di Kantor Biro HDI, Kemenag, Jakarta, Kamis (28/4/2022).

Ahmad Fauzin mengajak jajarannya untuk memperkuat sinergi dan koordinasi dalam mengawal pelaksanaan program Biro HDI. Apalagi, ada salah satu program prioritas Menag Yaqut Cholil Qoumas yang implementasinya menjadi tanggung jawab Biro HDI, yaitu transformasi digital.

“Implementasi transformasi digital harus dikawal bersama agar terlaksana dengan baik. Penyediaan data yang valid dan mudah diakses juga harus dimaksimalkan,” pesannya.

“Termasuk keterbukaan informasi serta sinergi dengan media dan para pihak terkait dalam kontek mengoptimalkan publikasi kinerja Kementerian Agama,” sambungnya.

Sebelumnya, Thobib Al-Asyhar menyampaikan sejumlah progres program selama sembilan bulan dirinya menjabat sebagai Plt Kepala Biro HDI. Integrasi data dan penataan infrastruktur IT terus berjalan. Bahkan, Biro HDI mendapat mandat dalam implementasi transformasi digital.

“Optimalisasi peran kehumasan juga terus dilakukan dengan penguatan SDM dan sarana prasarana, termasuk dengan adanya studio podcast Kementerian Agama,” jelasnya.

Thobib menambahkan, selama dirinya menjabat sebagai Plt Kepala Biro HDI,  telah dilakukan rapat rutin mingguan yang diikuti Staf Khusus Menag, Staf Ahli Menag, dan para pranata humas Kementerian Agama, pusat dan daerah. Rapat yang digelar secara daring ini membahas dan menganalisis perkembangan informasi keagamaan di media selama satu pekan. “Selain itu, rapat juga merumuskan proyeksi isu sepekan ke depan, termasuk mendalami setiap rekomendasi hasil analisa yang disajikan,” tandasnya.