Nasional

Singapura Akan Perkenalkan Asuransi Motor Syariah

Singapura, 27/02 (Pinmas) - Perusahaan asuransi motor terbesar di Singapura sedang mempertimbangkan untuk memperkenalkan polis asuransi yang berdasarkan hukum Islam, kata NTUC, Senin. Perusahaan koperasi asuransi yang telah menguasai pangsa pasar sekitar 40 persen atau 300.000 kendaraan itu mengatakan, pihaknya sedang melakukan studi kelayakan.

Jika rencana tersebut mulai dilakukan, akan ditawarkan kepada pendduduk Muslim dan non Muslim, kata kepala pelaksana Tan Kin Lian kepada The Straits Times.Kunci penerbitan polis tersebut kemungkinan premi "takaful", atau produk asuransi Isalami, 10 hingga 20 persen lebih tinggi dari pada polisi konvensional.Berdasarkan skema tersebut, operator asuransi diperkirakan tidak hanya mengelola klaim dan biaya-biaya tapi juga memproduksi sebuah keuntungan yang dapat dibagi kepada para peserta asuransi.

Meskipun kemungkinan preminya tinggi, bentuk bagi hasil dapat menjadi keputrusan para nasabah potensial antara produk polis Is,amii dan polis konvensional, kata Tan."Kami perlu melakukan pembelajaran kepada publik tentang prinsip bagi hasil dan risiko dan prinsip kerjasama dalam koperasi," kata Tan.

Asuransi Takaful beroperasi berdasarkan prinsip Islam, bagi hasil, jujur dan transparan, kata dia.Sekitar 14 persen dari penduduk Singapura atau 480.000 orang adalah Muslims di tengah dominasi penduduk bangsa China di negara kota tersebut.(Ant?myd)

Tags:

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua