Siswa Madrasah di Palopo, Juara Shinjin International Karate  Championship

Palopo (Kemenag) --- Naura Arsy, siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Satu Atap Datok Sulaiman Palopo menjuarai Shinjin International Karate  Championship Virtual Kata. Kompetisi virtual ini digelar selama tiga hari, 21s.d 23 Mei 2021.

Naura Arsy berhasil menyabet dua medali sekaligus. Medali emas diraih untuk Class Individual Female Cadet. Medali perak pada Class Individual Female U 14. Informasi pemenang diumumkan pada 10 Juni 2021 oleh pihak panitia.

Sebelumnya, Arsy juga meraih juara 1 kompetisi KATA Perorangan Putri Kelas Pemula tahun 2020 dan Juara 1 KATA Beregu Putri Kelas Pra-Pemula/Pemula. Keduanya merupakan Kejuaraan Nasional SHOTO-KAI Open Virtual Karate Championship yang berlangsung di mood Kalimantan Selatan, Agustus 2020. Selain itu, Aray juga meraih juara 1 KATA Perorangan Putri (Kejuaraan Permata Sakti Nasional Virtual Karate KATA Championship di  Sumatera Selatan, November 2020)

Arsy belajar bela diri sejak 2019 di Dojo Gojukai Neco Jaya Club Kota Palopo. Dia belajar dengan Andi Arifrahman Idrus yang juga penanggungjawab Dojo Gojukai Neco Jaya Club Palopo.

Kepala MTs Satu atap Datuk Sulaiman Sudarwin Tuwo menyebutkan Naura Arsy aktif dalam kegiatan di madrasah. Ia juga tercatat sebagai Ketua OSIS dan kerap meraih rangking pertama di kelasnya.

Arsy juga aktif dalam kegiatan  pramuka. Menurut Sudarwin, siswi yang mudah bergaul dan santun ini juga aktif pada kegiatan Tahfizh Al-Qur’an. Saat ini, ia telah menghafal satu juz.

Sudarwin Tuwo berharap bakat anak didiknya ini dapat diperhatikan pemerintah, khususnya Pemkot Palopo. "Karir Naura Arsy masih panjang. Peluang untuk mengharumkan nama daerah terbuka lebar dan dia merupakan aset daerah yang perlu didukung oleh berbagai pihak," jelasnya, Selasa (22/6/2021).

Arsy adalah anak pertama dari dua bersaudara. Ayahnya, Nadri berprofesi sebagai wiraswasta. Sedang ibunya, Riswati, berprofesi sebagai guru honorer di SMK Datok Sulaiman Kota Palopo. 

Arsy mengaku ingin menjadi dokter dan atlet bela diri. Dia ingin menjadi atlet profesional agar dapat mengharumkan nama bangsa.

Kepala Kankemenag Kota Palopo Rusydi Hasyim mengapresiasi prestasi Arsy. Dia berkomitmen memberikan dukungan bagi pengembangan bakat dan prestasinya. Bahkan tidak hanya Arsy, tapi semua siswa madrasah di Palopo yang berprestasi dalam berbagai bidang, apalagi prestasi di ajang nasional dan internasional.

Ibu Arsy, Riswaty, mengatakan anaknya telah ikut membawa nama baik Kota Palopo dan madrasah. Dia berharap ada perhatian dari pemerintah dalam upaya memajukan prestasi anaknya. (Rudi/Wrd)