Nasional

Siswa MAN 1 Jembrana Juara Kompetisi TikTok Literasi Halal Nasional

Garda Aliya Rayhaan, Juara Lomba Tik Tok Literasi Halal

Garda Aliya Rayhaan, Juara Lomba Tik Tok Literasi Halal

Jembrana (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Jembrana kembali meraih prestasi tingkat nasional. Adalah Garda Ali Rayhaan, siswa yang harumkan MAN 1 Jembrana dengan menjuarai Lomba TikTok Literasi Halal Indonesia.

Lomba ini diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJH) Kementerian Agama bekerja sama dengan Pusat Pengkajian Masyarakat dan Pendidikan Islam Nusantara (PPM-PIN) UIN Raden Mas Said Surakarta. Pemenang lomba diumumkan secara online pada Rabu (24/11/2021).

Ajang ini bertujuan untuk menyemarakkan literasi halal dan menumbuhkan kesadaran halal bagi masyarakat Indonesia melalui remaja milenial. Tema lomba tersebut merujuk pada buku saku halal yang diterbitkan oleh BPJH Kemenag RI dan PPM-PIN.

Garda menyampaikan bahwa keikutsertaannya pada Lomba TikTok Literasi Halal ini memiliki misi untuk menggelorakan pentingnya produk halal bagi masyarakat. Dia juga menerangkan bahwa peran remaja sangat penting dalam mengedukasi masyarakat tentang produk halal dengan cara milenial menggunakan platform aplikasi TikTok, mengingat saat ini pengguna smartphone mayoritas remaja.

"Produk halal sangat penting bagi masyarakat. Saat ini pengguna smartphone didominasi oleh kalangan remaja, sehingga lomba ini sangat sesuai untuk mengedukasi masyarakat khususnya remaja tentang pentingnya produk halal. Cara penyampaian pesan yang kekinian, diharapkan mampu menarik minat masyarakat untuk mencari tahu tentang pentingnya produk halal," tutur Garda saat dikonfirmasi di MAN 1 Jembrana, Kamis (25/11/2021).

"Melalui literasi diharapkan akan tumbuh kesadaran bersama untuk menjadikan halal bukan sekadar berorientasi pemenuhan ekonomi, tetapi juga menyiapkan masa depan diri dan bangsa menjadi lebih baik," sambungnya.

Diah Rif'atul Husna selaku pembina mengucapkan syukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Diah juga mengungkapkan apresiasinya kepada Garda karena telah berinisiatif mengikuti kompetisi dengan misi khusus menggaungkan pentingnya halal passion bagi masyarakat. Dia berharap prestasi yang diraih ini menjadi langkah nyata peran remaja untuk turut serta mem-boomingkan halal kepada masyarakat.

Terpisah, Kepala MAN 1 Jembrana Agus Subagya mengucapkan selamat kepada siswa dan pembina karena berhasil meraih prestasi nasional. Agus juga menyampaikan, kreativitas siswa dan pembina untuk mengharumkan nama MAN 1 Jembrana di tingkat nasional juga patut di apresiasi.

Agus berharap halal ke depan tidak hanya sebagai kebutuhan, tetapi juga mampu menjadi passion dalam kehidupan sehari-hari.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua