Nasional

Siswa MAN 1 Kota Semarang Raih Beasiswa Persiapan S1 Luar Negeri

Sayla Maliatul Marzuqoh, siswi MAN 1 Kota Semarang kelas XI MIPA 1.

Sayla Maliatul Marzuqoh, siswi MAN 1 Kota Semarang kelas XI MIPA 1.

Semarang (Kemenag) ---- Siswi Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kota Semarang menjadi penerima Beasiswa Indonesia Maju Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 3. Seleksi beasiswa ini diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bekerja sama dengan LPDP.

Siswa MAN 1 Kota Semarang itu bernama Sayla Maliatul Marzuqoh. Dia saat ini tercatat sebagai siswi kelas XI MIPA 1.

Sayla, sapaannya, mengaku bahwa sedari duduk di bangku sekolah dasar, ia bercita cita untuk kuliah di luar negeri. "Alhamdulillah, saya bisa mendapatkan nikmat ini karena kehendak Allah SWT yang dibarengi dengan doa orang tua dan dukungan guru-guru MAN 1 Kota Semarang. Beasiswa ini mendekatkan saya untuk meraih mimpi berkuliah di luar negeri." ujar Sayla di Semarang, Selasa (7/3/2023).

Sayla merupakan salah satu anggota ekstrakurikuler robotik. Pada November 2021, ia meraih medali perunggu dalam Asian Junior Robotic Competition yang diselenggarakan International Youth Robotic Assosiation di Thailand secara daring. Hampir setahun kemudian, tepat pada September 2022, Sayla dan temannya Citra menjadi finalis Madrasah Young Researchers Supercamp (MYRES).

Pendaftaran program beasiswa persiapan S1 luar negeri dibuka dari 12-31 Oktober 2022. Ada dua tahap penyeleksian yang ditetapkan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), yaitu seleksi administrasi dengan mengunggah berkas dan tiga essay dalam bahasa Inggris, kemudian seleksi wawancara yang dilakukan secara online menggunakan bahasa Inggris.

Program Beasiswa Indonesia Maju diperuntukkan bagi peserta didik jenjang SMA/SMK/MA/Sederajat yang berprestasi baik di tingkat nasional dan/atau internasional pada beberapa ajang kompetisi.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua