Siswa MAN 2 Pekanbaru Wakili Madrasah Indonesia di IYL Jepang

Pekanbaru (Kemenag) --- Siswi MAN 2 Pekanbaru kembali menorehkan prestasi internasional. Adalah Iffah Nabila, siswi kelas XI MAN 2 Pekanbaru yang menjadi satu-satunya delegasi Indonesia dari kalangan siswi madrasah dalam  International Youth Leader (IYL) program 2021.

Iffah Nabila terpilih menjadi delegasi Indonesia IYL, Chapter Hello Jepang pada 11- 15 November 2021 di Tokyo.

Kepala MAN 2 Pekanbaru, Norerlinda mengatakan IYL merupakan program resmi yang gelar Youth Leader. Program ini didukung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan membawa jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, dan memotivasi para delegasi.

Ia menambahkan, untuk menjadi delegasi, Iffah Nabila harus bersaing dalam tahapan seleksi bersama 890 peserta lainnya. Mereka berasal dari berbagai universitas dan sekolah menengah atas se-Indonesia. Dari proses itu, terpilih 60 delegasi Indonesia untuk mengikuti program IYL ke Tokyo Jepang, November mendatang.

"Alhamdulillah salah seorangnya adalah anak kami, Iffah Nabila,” ungkap Norerlinda penuh suka cita, Rabu (30/6/2021).

Yang lebih membanggakan lagi, sambung Norerlinda, Iffah Nabila merupakan satu-satunya peserta yang lulus dari kalangan siswa madrasah di Indonesia. Peserta lainnya berasal dari siswa SMA dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia.

"Proses pemilihan dan pengumuman IYL dilakukan secara online melalui email, grup whatsapp, dan instagram," tandas Linda.

Prestasi siswi MAN 2 Pekanbaru dikancah internasional ini mendapat apresiasi dari Kakanwil Kemenag Riau.

“Alhamdulillah prestasi luar biasa kembali dipersembahkan anak didik kita Iffah Nabila, siswi kelas XI MAN 2 Pekanbaru. Selamat kepada Iffah Nabila, semoga bisa membawa nama baik Riau, khususnya madrasah Indonesia di kancah Internasional,” kata Kakanwil Kemenag Riau  Mahyudin.

Ia berharap Iffah Nabila dan pihak madrasah benar- benar mempersiapkan diri untuk mengikuti pengalaman nyata ke luar negeri dan menemukenali keahlian dan impian bersama peserta lain. (mus)