Internasional

Siswa MTs N 1 Kudus Raih Medali Emas Olimpiade Matematika Internasional

Foto: pendis

Foto: pendis

Kudus (Kemenag) - Prestasi siswa madrasah kembali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Rasyif Aulia Mahmud siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kudus, berhasil meraih gold secondary 2, dalam ajang Hong Kong International Mathematical Olympiad (HKIMO) di City University Of Hong Kong.

HKIMO merupakan ajang perlombaan Matematika level internasional. HKIMO bertujuan untuk mempromosikan olimpiade Matematika di seluruh dunia. Ada 5 topik utama yang dilombakan dalam ajang tersebut, yaitu: berpikir logis, aritmatika/ aljabar, teori angka, geometri & kombinatorik. Babak Final diselenggarakan 30 Agustus hingga 2 September 2019 di City University Of Hong Kong.

Kepala MTs N 1 Kudus Taufiq Hidayat mengatakan, ananda Rasyif sudah sepuluh kali menjuarai lomba matematika di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Bahkan pada tanggal 15-21 September 2019, ananda Rasyif akan maju lagi di tingkat nasional dalam rangka KSM Kementerian Agama RI mewakili Jawa Tengah.

“Alhamdulillah, saya bersyukur atas prestasi Rasyif. Karena, prestasi ini kali pertama mengikuti lomba di kejuaraan tingkat internasional. Perolehan tersebut tak lain dari hasil perjuangannya dalam mengikuti berbagai lomba," ujar Taufiq di Kudus, Senin (02/09).

Diceritakan Taufik, berdasarkan perolehan nilai matematika, Rasyif termasuk peserta yang mampu meraih skor di atas angka 120. Menurut aturan lomba, peserta yang berhasil melampaui skor 120 itulah yang mendapatkan award sebagai gold secondary 2.

“Ada tiga anak yang mampu meraih skor di atas 120. Ketiga anak itu berasal dari Indonesia,” pungkasnya.

Babak final HKIMO diikuti oleh 30 negara. Delegasi dari Indonesia berjumlah 150 peserta yang tersebar dari berbagai daerah di wilayah Indonesia. (DM/M Yani)

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua