Internasional

Siswa MTsN 1 Pati Raih 185 Medali Singapore Science Olympiad

Siswa MTsN 1 Pati raih juara tingkat ASEAN

Siswa MTsN 1 Pati raih juara tingkat ASEAN

Pati (Kemenag) --- Siswa MTsN 1 Pati kembali mencetak rekor setelah berhasil meraih 185 medali tingkat ASEAN. Ratusan medali ini diraih dalam Singapore Science Olympiad (SSO).

Ke-185 medali itu terdiri atas 54 medali emas, 35 medali perak, dan 96 medali perunggu. Singapore Science Olympiad merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan Imperial Academy Institutions bekerja sama dengan Pelatihan Kompetisi Nasional (POPNAS).

SSO digelar secara online pada 20 Maret 2022. Kompetisi ini diikuti 1.312 peserta dari sebelas negara, meliputi Indonesia, Hongkong, India, Iran, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Srilanka, dan Myanmar.

Salah satu siswa yang berhasil masuk peringkat lima besar dalam English Junior High School Grade 9, Wilda Nailal Husna, mengatakan bahwa SSO ini merupakan ajang kompetisi tingkat internasional ketiga yang diikutinya. “Alhamdulillah, masih tidak menyangka saya bisa masuk lima besar dalam ajang Singapore Science Olympiad yang digelar 20 Maret kemarin. Ini merupakan prestasi ketiga saya di tingkat internasional setelah ISMO Mathematic Grade 9 dan ISMO Science Grade 9,” ucapnya di Pati, Sabtu (26/3/2022).

Wilda menuturkan jika prestasi yang ia peroleh ini tidak terlepas dari bimbingan bapak dan ibu guru serta doa orang tua. “Terima kasih untuk bapak dan ibu guru yang sudah membimbing dan men-support saya hingga berada di titik ini,” tuturnya.

Ke depan, Wilda berharap dirinya dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi. Sehingga, dia bisa selalu membawa nama MTsN 1 Pati ke kancah internasional.

Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak mengapresiasi prestasi tingkat ASEAN yang kembali diraih siswanya. Ia berpesan kepada para siswa agar dapat mempertahankan kuantitas, meningkatkan kualitas, dan tetap istiqamah di jalur prestasi. “Pertahankan kuantitas, tingkatkan kualitas, tetap istiqamah di jalur prestasi dengan penuh rahmat dari Allah, di samping usaha maksimal,” pesannya.

"Selamat untuk anak-anakku atas persembahan terbaikmu,” pungkasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua