Nasional

STABN Raden Wijaya Wonogiri, PTKB Indonesia Terbaik Versi Webometrics 2023

Kampus STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri

Kampus STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri

Jakarta (Kemenag)--Webometrics Ranking Web of Universities merilis daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Sejumlah Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha (PTKB) pun berhasil masuk dalam daftar tersebut.

STAB Negeri Raden Wijaya Wonogiri menempati rangking 16.448 dari seluruh universitas di dunia versi webometrics. Posisi tersebut menempatkan kampus STABN Raden Wijaya sebagai rangking 1 di antara Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha se-Indonesia. Rangking Pertama Sinta score, serta nemiliki Jurnal Terakreditasi Sinta Terbanyak di antara PTKB se-Indonesia.

Webometrics merupakan sistem pemeringkatan untuk perguruan tinggi seluruh dunia dalam hal kinerja dan dampak publikasi dengan memperhitungkan 3 indikator kunci, openness, excellence, dan visibility.

Prestasi lain yang ditorehkan oleh STABN Raden Wijaya terdapat pada sinta score dan satu-satunya PTKB yang memiliki 4 jurnal yang sudah terakreditasi Sinta.

Pencapaian tersebut membuat STABN Raden Wijaya menjadi satu-satunya PTKB di Indonesia yang memiliki jurnal nasional terakreditasi dengan jumlah terbanyak.

Ketua Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, Prof.Dr.Hesti Sadtyadi mengatakan prestasi ini merupakan hasil kerjasama berbagai pihak.

"Bahwa prestasi STABN Raden Wijaya merupakan hasil kerja bersama yang baik antara civitas akademika yang menempatkan budaya layanan, budaya mutu, dengan berbagai upaya, melalui input yang kecil, tetapi mampu menghasilkan output yang optimal," kata Hesti Sadtyadi, Jumat (3/02/2023).

Bentuk prestasi lainnya lanjut Hesti yaitu dalam hal Tri Dharma Perguruan tinggi antara lain produktivitas luaran penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, baik berupa jurnal, HKI, dan buku yang jumlah totalnya dalam 3 tahun terakhir sekitar 500 buah.

"STAB Negeri Raden Wijaya mampu memiliki prodi dengan predikat Unggul dan akreditasi A, serta lembaga yang terakreditasi B, STAB Negeri Raden Wijaya mampu meningkatkan kualifikasi pendidikan doktor bagi para dosen-dosennya, pada awal Tahun 2023, terdapat 2 gelar doktor baru yang telah diperoleh dosen STAB Negeri Raden Wijaya, dan masih terdapat 12 dosen dalam proses penyelesaian doktornya," tambah Hesti.

Menurutnya, ini merupakan modal besar dalam upaya perubahan bentuk lembaga perguruan tinggi dari Sekolah Tinggi menjadi Institut dalam upaya melayani masyarakat yang lebih luas.

"Sukses untuk Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya, sukses untuk Ditjen Bimas Buddha dan suksesnya Kementerian Agama," tandasnya.

Berikut Daftar 5 Perguruan Tinggi Keagamaan Buddha Versi Webometrics Januari 2023

1.Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Raden Wijaya Wonogiri Jawa Tengah, nilai rangking dunia 16448

2.Sekolah Tinggi Agama Buddha Negeri (STABN) Sri Wijaya Tangerang Banten, dengan nilai rangking dunia 27776

3.Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Nalanda Pulo Gebang, Kec. Cakung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, dengan nilai rangking dunia 28078

4.Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Maitreyawira, Jl. Bukit Barisan III Riau Ujung Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekiki, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dengan nilai rangking dunia 29534

5.Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kerjarajasa Batu-Malang Jawa Timur dengan nilai rangking dunia 31119. (Humas Buddha)



Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua