Sukses Tularkan Prestasi, MTsN 1 Pati Terima Award Madrasah Pembina Utama dan Terfavorit

Solo (Kemenag) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Pati  menerima penghargaan sebagai Madrasah Pembina Utama dan Terfavorit dalam Program Sahabat Madrasah yang digulirkan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah. Penghargaan ini diberikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada Kepala MTsN 1 Pati Ali Musyafak bersamaan dengan pembukaan Rapat Kerja Kanwil Kemenag Jateng di Solo.

Ikut menyaksikan, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin.

Sahabat Madrasah merupakan salah satu program Kakanwil Kemenag Jateng. Program ini bertujuan untuk meratakan kualitas pendidikan Madrasah di Jawa Tengah. Praktiknya, satu madrasah yang sudah maju dan berkualitas membina satu atau lebih madrasah yang belum maju. Dengan begitu, diharapkan ada imbas positif berupa meningkatnya kualitas madrasah binaan. 

Semenjak pertama kali progam Sahabat Madrasah dirilis hingga awal 2022, MTsN 1 Pati telah memiliki 12 madrasah binaan, terdiri atas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI ), 8 MTs, dan 1 Madrasah Aliyah (MA). Dari 12 Sahabat Madrasah tersebut, semua telah berhasil meningkatkan prestasinya baik di tingkat nasional bahkan internasional.

“MTsN 1 Pati layak mendapatkan penghargaan sebagai Madrasah Pembina Utama Terfavorite,” kata Kakanwil Kemenag, Musta'in Ahmad, di Solo, Selasa (30/3/2022). 

Musta’in Ahmad, menyebutkan bahwa MTsN 1 Pati dinilai sebagai madrasah terbaik di dalam melaksanakan program Sahabat Madrasah. Hal ini dibuktikan dengan adanya dua belas madrasah binaan MTsN 1 Pati yang berhasil diajak untuk berprestasi bersama-sama. 

“Bukan saja MTs ini membina satu, dua madrasah mitra, tetapi ada selusin. Ada dua belas madrasah mitra yang berhasil diajak untuk berprestasi,” lanjutnya. 

Musta’in berharap penghargaan sahabat madrasah award yang diberikan kepada MTsN 1 Pati ini dapat menjadi sebuah karya terbaik, amal sholeh, serta amal jariyah bagi kepala madrasah dan segenap keluarga besar MTsN 1 Pati. “Terus berjuang, terus berkarya, terus beramal yang nyata. Jangan lelah, mudah-mudahan jadi berkah,” pesannya.

Sebelumnya, apresiasi juga disampaikan Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo atas perjuangan MTsN 1 Pati dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Sahabatnya Jawa Tengah. “Jios dan layak mendapat penghargaan terbaik untuk perjuangan segenap guru dan siswa MTsN 1 Pati,” ujarnya sembari berpesan agar MTsN 1 Pati tetap istiqomah di jalur prestasi dan tidak lupa kaderisasi. 

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pati, Ali Arifin, yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku merasa bersyukur sekaligus bangga kepada MTsN 1 Pati yang telah mewujudkan prestasi yang luar biasa sehingga mampu membawa nama baik Kementerian Agama khususnya di Kabupaten Pati. “Prestasi ini harus kita syukuri betul. Saya secara pribadi bangga dengan perjuangan kalian semua, bapak ibu sekalian, dalam satu tim. Maju terus, insya Allah berkah,” tuturnya. 

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak, mengungkapkan bahwa penghargaan ini merupakan sebuah anugerah dan hasil dari sebuah capaian kerja yang luar biasa. “Subhanallah, walhamdulillah, wa laailaahaillallah, wallahu Akbar. Sebuah anugerah yang luar biasa, hasil capaian kerja kita yang luar biasa, yang tidak jadi superman tapi superteam. Insya Allah akan memberkahi bagi seluruh warga MTsN 1 Pati,” ungkapnya.

Di akhir pernyataannya, Syafak mengucapkan rasa terima kasih kepada seluruh rekan-rekan yang telah mendukung, mendoakan, dan berjuang penuh untuk MTsN 1 Pati. “Mudah-mudahan Rahmat Allah tidak berhenti sampai di sini. Kita masih mengharap rahmat-rahmat yang lainnya untuk menjadikan MTsN 1 Pati menjadi MTs uswatun hasanah,” pungkasnya.