Nasional

Survei Indeks berAKHLAK, Kemenag Masuk Best Starter Harmonis

Sertifikat penghargaan BerAKHLAK dari Kemenpan-RB

Sertifikat penghargaan BerAKHLAK dari Kemenpan-RB

Jakarta (Kemenag) --- Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) hari ini mengumumkan hasil survei indeks berAKHLAK. Bersamaan itu, sejumlah kementerian dan lembaga mendapat penghargaan sesuai kategori yang ditentukan.

“Alhamdulillah, hasil survei berAKHLAK yang dilakukan Kemenpan-RB, Kementerian Agama masuk dalam kategori Best Starter Harmonis,” terang Kepala Biro Kepegawaian Setjen Kemenag di Jakarta, Selasa (13/12/2022).

BerAKHLAK merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif. Core Values ASN ini adalah sebuah panduan dalam berpikir, berstruktur dan berperilaku. Sedangkan employer branding ASN, yaitu bangga melayani bangsa.

Survei budaya kerja tahun 2022 ini merupakan kali pertama dilakukan di Indonesia. Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui tingkat kesehatan budaya organisasi, di antaranya mengenai implementasi Core Values BerAKHLAK, keselarasan antara nilai pribadi dan organisasi, serta aspirasi pegawai ASN terhadap kondisi budaya kerja yang ideal.

“Dengan skor indeks mencapai 70,4, budaya kinerja Kementerian Agama dinilai cukup sehat,” tegas Nurudin.

Selaku Kepala Biro Kepagawaian Kementerian Agama, Nurudin berkomitmen untuk terus berupaya meningkatkan kualitas implementasi Core Values BerAKHLAK. Sejumlah upaya pembinaan terus dilakukan, mulai dari penegakkan disiplin pegawai, pemberian reward and punishment, serta peningkatan kualitas SDM.

“Kita jalin sinergi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) dan kampus Perguruan Tinggi Keagamaan dalam upaya peningkatan kualitas SDM,” ujarnya.

“Kemenag juga akan segera memeliki Gedung Pusat Penilaian Kompetensi yang diharapkan akan dioptimalkan sebagai sarana pemetaan kompetensi ASN agar dapat melakukan kerja-kerja layanan secara lebih maksimal,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua