Daerah

Tahbisan Uskup Jayapura, Kemenag Sampaikan Pesan Kerukunan dan Cinta Tanah Air

Plt Dirjen Bimas Katolik hadiri Tahbisan upacara tahbisan Uskup Yanuarius Theofilus Matopai You

Plt Dirjen Bimas Katolik hadiri Tahbisan upacara tahbisan Uskup Yanuarius Theofilus Matopai You

Jayapura (Kemenag) --- Plt. Dirjen Bimas Katolik Kemenag A.M. Adiyarto Sumardjono hadir mewakili Menteri Agama pada upacara tahbisan Uskup Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai Uskup Keuskupan Jayapura. Tahbisan ini berlangsung pada Kamis (2/2/2023).

Plt. Dirjen yang akrab disapa Totok ini menyampaikan ucapan selamat dari Menteri Agama RI atas tertahbisnya Uskup Yanuarius Theofilus Matopai You.

Uskup Yanuarius adalah orang asli Papua (OAP) yang pertama menjabat sebagai uskup. Paus Fransiskus mengumumkan Pastor Yanuarius Theofilus Matopai You sebagai Uskup Jayapura menggantikan Uskup Leo Laba Ladjar pada 29 Oktober 2022.

Adiyarto menilai proses penunjukan Uskup oleh Paus adalah bentuk komando tegak lurus dalam suksesi kepemimpinan di gereja Katolik. Hal ini menunjukkan soliditas umat Katolik dan kekuatannya menumbuhkan semangat kerukunan dan toleransi.

Kerukunan dan toleransi, menurut Totok, adalah soal kemanusiaan di mana semua pihak harus menghormati dan menghargai orang lain untuk melaksanakan ajaran agamanya sendiri.

“Bila kita menengok kiri kanan depan belakang akan nampak bahwa kita semua berbeda. Tuhan menghendaki adanya perbedaan. Karena itu jangan menyamakan yang berbeda dan membeda-bedakan yang sama,” ungkap Adiyarto mengulang pesan Menteri Agama.

Kementerian Agama berkomitmen untuk mewujudkan suasana kebangsaan yang penuh toleransi tanpa diskriminasi melalui tagline “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat.”

Plt. Dirjen Bimas Katolik berharap Uskup Yanuarius membawa perubahan bagi umat Katolik Papua melalui pemahaman atas aspirasi umat, mampu memberikan solusi, dan pelayanan terbaik demi semakin mewujudkan rasa cinta kepada NKRI dan meningkatkan partisipasi dalam membangun bangsa.

Kepada gereja Katolik, Plt. Dirjen berharap, agar tetap menjunjung prinsip hidup berbangsa dan bernegara, 100 persen Katolik 100 persen Indonesia. Ini menunjukkan keteguhan umat Katolik pada imannya dan kecintaan kepada bangsa dan negara.

“Para Bapa Uskup berperan untuk respons cepat untuk menanggapi berbagai isu, menekan kegaduhan, dan mewujudkan persatuan,” harap Plt. Dirjen.

Upacara tahbisan penuh kemeriahan tersebut, dipimpin oleh Mgr. Piero Pioppo, Nunsius Apostolik - Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, didampingi para uskup yang hadir. Hadir pula para tamu uskup dari negara tetangga seperti Timor Leste dan Papua Nugini.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua