Daerah

Tampilkan Lakon Bagong Duta Diversifikasi Madrasah, Pembukaan KSM Jateng Dimeriahkan Aksi Dalang Cilik MTsN 1 Pati 

Pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah dimeriahkan penampilan dalang cilik MTsN 1 Pati

Pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah dimeriahkan penampilan dalang cilik MTsN 1 Pati

Pati (Kemenag) --- Ada yang berbeda pada Opening Ceremony Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Pembukaan ajang kompetisi siswa madrasah ini dimeriahkan dengan aksi dalang cilik MTsN 1 Pati, Hafizh Yusuf Muhammad (Ki Hafizh).

Ki Hafizh unjuk kebolehan mendalang di di hadapan Kakanwil Kemenag Jawa Tengah Musta’in Ahmad dan ribuan peserta KSM, baik secara luring maupun daring. Pembukaan KSM digelar secara daring di 500 titik lebih, dengan 3 titik utama di MAN 1 Banyumas, MTsN 1 Pati, dan Kanwil Kemenag Prov. Jateng pada Jumat (9/9/2022).

Mengangkat tema Diversifikasi Madrasah, Ki Hafizh tampil dari MTsN 1 Pati dengan memerankan tokoh legendaris dalam dunia pewayangan, yaitu Bagong sebagai Duta Deversifikasi Madrasah. Meskipun masih belia, Ki Hafidz tertarik untuk melestarikan kebudayaan Jawa, terutama seni pewayangan.

Pada awal pementasan, Ki Hafizh dengan memainkan peran Bagong dan Petruk. Bagong memberi pencerahan kepada Petruk bahwa madrasah merupakan lembaga yang mendidik siswa menjadi lulusan yang cerdas, berakhlak mulia, sholeh-sholeha, dan bermanfaat. “Selain itu, Bagong juga menyampaikan jika saat ini Kementerian Agama telah mengembangkan diversifikasi keunggulan madrasah, meliputi Madrasah Akademik, Madrasah Riset, MA Progam Keagamaan, MA Plus Keterampilan, termasuk MA Kejuruan,” cetusnya.

Penampilan Ki Hafizh mendapat apresiasi dari berbagai pihak. “Mantep, keren,” kata Kasubdit Kurikulum dan Evaluasi pada Direktorat KSKK, Suwardi. Apresiasi senada disampaikan Kasi Kesiswaan pada Subdit Kurikulum dan evaluasi, Nanik. Dia memberikan acungan jempol atas penampilan Ki Hafizh.

Kepala MTsN 1 Pati, Ali Musyafak bersyukur atas kesempatan yang diberikan Kanwil Kemenag Jateng bagi siswanya untuk bisa unjuk kebolehan. “Saya selaku kepala MTsN 1 Pati merasa sangat bersyukur atas kesempatan dan kehormatan yang luar biasa dari Kanwil Kemenag Jateng. Dalam acara pembukaan KSM kali ini, dua anak kami dipercaya mengisi acaranya dan salah satunya adalah dalang cilik,” ujarnya.

Selain Hafizh, dalam acara pembukaan KSM tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022, tampil juga siswa MTsN 1 Pati Juara 1 Cabang Tahfidz Satu Juz dan Tilawah MTQ ke-29 Provinsi Jawa Tengah, Durrotun Asyifa Baizurman yang melantunkan ayat suci Al-Quran.

“Terima kasih yang tak terhingga pula kepada dua anak kami, khususnya yang telah tampil spektakuler dan berhasil memukau para pemirsanya. Semoga kalian nantinya mampu menjadi pribadi yang mandiri dengan tetap beriman, bertaqwa, dan berakhlakul karimah, serta shalih shalihah,” pesan Syafak.

Lebih lanjut, Syafak menjelaskan bahwa MTsN 1 Pati selalu berupaya menjadi pelayan terbaik bagi masyarakat. “Semua potensi anak di MTsN 1 Pati selalu dididik, dibimbing, dikembangkan, dan diberi ruang gerak yang sama. Semoga nanti, talenta anak-anak akan muncul dan bisa tampil luar biasa di berbagai event,” harapnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua