Nasional

Teliti Fenomena Pernikahan Dini, MAN 2 Kota Malang Kembali Juara I Ilmu Sosial Humaniora Myres

MAN 2 Kota Malang Juara Myres 2022

MAN 2 Kota Malang Juara Myres 2022

Jakarta (Kemenag) --- Prestasi kembali diukir peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang pada Madrasah Young Research Supercamp (Myres) Nasional tingkat SMA/MA. Kompetisi riset ini digelar setiap tahun oleh Direktorat Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam Kemenag.

Pada Myres 2022, MAN 2 Kota Malang berhasil mempertahankan prestasi yang diraih pada ajang tahun sebelumnya, Juara 1 bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH). Pemenang lomba diumumkan pada Kamis (13/10/2022) malam, saat penutupan Myres 2022 di TMII, Jakarta.

Tim MAN 2 Kota Malang peraih Juara 1 Myres 2022 terdiri atas: Raissa Sofia Azzahra (XI IPS 1) dan Wangi Nisita Naura R (XI IPS 2).

"Alhamdulillah peserta didik kita, pada Myres 2022 tingkat SMA/MA kembali sukses meraih Juara 1 bidang Ilmu Sosial dan Humaniora. Prestasi Nasional ini terulang kembali seperti Myres Tahun 2021 yang lalu. Jadi, MAN 2 Kota Malang Juara 1 Myres bidang ISH selama dua tahun secara berturut-turut," terang Kepala MAN 2 Kota Malang Mohammad Husnan.

"Terima kasih anak-anak, pembina dan seluruh guru dan tenaga kependidikan, serta Komite MAN 2 Kota Malang,” sambungnya.

Wakil Kepala MAN 2 Kota Malang Bidang Humas, A. Thohir Yoga, menjelaskan, bahwa proses Myres 2022 meliputi tiga tahapan seleksi yang harus ditempuh secara individu. Tahapan itu diawali dengan seleksi proposal. Total ada 9.220 pendaftar yang kemudian dipilih 120 proposal terbaik. Tahap selanjutnya, ada 26 proposal terpilih yang harus turun lapangan dan mengumpulkan laporan penelitian.

”Alhamdulillah, pada tahap 26 besar, delegasi MAN 2 Kota Malang berhasil terpilih 6 besar, dan akhirnya memperoleh hasil terbaik juara 1 di Grand Final kemarin," ucap Mr Yoga, panggilan akrabnya.

Ketua Olimpiade dan Karya Ilmiah Remaja (KIR) MAN 2 Kota Malang Wulaidah menyampaikan, delegasi MAN 2 Kota Malang melakukan riset dengan judul “Life After Marriage: Fenomena Pernikahan Dini Terhadap Ketahanan Keluarga di Desa Selorejo, Kabupaten Malang”. Keberhasilan meraih juara 1 ini ikut menjadikan Provinsi Jawa Timur sebagai Juara Umum Myres 2022.

"Hadza Min Fadhli Rabbi, prestasi Nasional yang diraih Tim MAN 2 Kota Malang ini, akhirnya menjadikan Jawa Timur menjadi Juara Umum di ajang Myres ini. Prestasi ini tidak terlepas dari kolaborasi yang padu antara civitas akademika MAN 2 Kota Malang yaitu stakeholder, guru, pembina dan alumni yang terus melakukan pelatihan intensif dalam beberapa tahun terakhir, sehingga kita dapat mempertahankan prestasi di bidang akademik,” pungkas Hj. Wulaidah yang juga ikut mendampingi selama di Jakarta. (Tim Humas)


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua