Nasional

Terbaik Nasional, Lulusan MAN IC Serpong Masuk ITB, UI hingga Jepang dan Amerika

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit (tangkapan layar Youtube LTMPT)

Kepala MAN IC Serpong Abdul Basit (tangkapan layar Youtube LTMPT)

Serpong (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) Serpong menjadi yang terbaik secara nasional berdasarkan hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Hasil UTBK ini baru saja dirilis oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud.

Capaian ini memperbaiki prestasi tahun lalu, saat MAN IC Serpong menduduki peringkat kedua. Prestasi ini sekaligus menjadi kado ulang tahun ke-25 madrasah yang berlokasi di bilangan Serpong, Tangerang Selatan ini.

“Alhamdulillah atas raihan MAN IC serpong mendapat peringkat I UTBK tahun 2021. Ini kado ulang tahun kami. Di bulan September kami berulang tahun di usia 25 tahun MAN IC Serpong. Ini kado terindah yang kami terima,” terang Kepala MAN IC Serpong, Abdul Basit, Jumat (1/10/2021).

Baca juga: MAN IC Serpong Terbaik Nasional Versi UTBK 2021

Ditanya terkait kelanjutan kulaih para siswanya, Abdul Basit menjelaskan bahwa angkatan 24 MAN IC Serpong diterima di sejumlah perguruan tinggi ternama di Indonesia, mulai dari ITB, UI, UGM, dan lainnya. “Bahkan, ada juga siswa yang lulus tahun ini yang diterima di perguruan tinggi di Amerika dan Jepang,” tuturnya.

Secara rinci, Abdul Basit menjelaskan prosentasi studi lanjutan siswa MAN IC Serpong yang lulus tahun 2021 dengan data sebagai berikut:
1. Institut Teknologi Bandung (ITB)_21,25%,
2. Universitas Indonesia (UI)_14,96%,
3. Universitas Gajah Mada (UGM)_13,3%,
4. Universitas Brawijaya (Unibraw)_7,8%,
5. Universitas Diponegoro (Undip)_7%,

6. Universitas Padjajaran (Unpad)_6,3%,
7. Universitas Sebelas Maret_4,7%,
8. Univarsitas Airlangga (Unair)_3,9%, dan
9. Institut Teknologi Surabaya (ITS)_3,1%

“Yang lain, tersebar di berbagai perguruan tinggi negeri di seluruh nusantra. Ada satu siswa melanjutkan kuliah di Amerika dan 3 siswa di Jepang,” tandasnya.

Menurutnya, raihan ini tidak diraih serta merta. Ada proses luar biasa yang dipersiapkan oleh semua sivitas akademik MAN IC Serpong. “Ini akan menjadi motivasi. Apalagi, raihan ini di masa pandemi. Anak kami banyak di rumah belajarnya, tapi mereka tetap konsisten, jadi luar biasa,” tandasnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua