Nasional

Terdampak Gempa dan Cuaca Ekstrim, Kemenag Pindah Jadwal SNPDB Siswa Pasaman dan Lambata

Dampak gempa di Pasaman Barat

Dampak gempa di Pasaman Barat

Jakarta (Kemenag) --- Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia, MAN Program Keagamaan, dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN) di Kabupaten Pasaman Barat (Sumbar) terkendala oleh peristiwa gempa yang terjadi pada 25 Februari 2022.

“Akibat gempa, dilakukan pemadaman listrik di seluruh Wilayah Pasaman Padang, sehingga pasokan listrik ke jaringan telekomunikasi ikut terdampak,” ungkap Ketua Tim Ahli UINSA, Kusaeri, di Jakarta, Sabtu (26/2/2022).

Gangguan juga terjadi dalam pelaksanaan SNPDB di Kabupaten Lembata Nusa Tenggara Timur. Gangguan itu berupa cuaca ekstrim hingga terjadi pemadaman listrik. “Kondisi cuaca yang ekstrim, hujan lebat disertai angin menyebabkan gardu induk di sana roboh. Akibatnya, dilakukan pemadaman listrik di sana yang berdampak pada pelaksanaan ujian,” ujar Kusaeri.

“Hal itu mengakibatkan padamnya listrik dan putusnya jaringan internet sehingga ujian yang dilakukan secara online tidak bisa dilanjutkan,” sambungnya.

Tim Panitia Pusat, Ahmad Hanif Asyhar menambahkan, ada 8 peserta yang terdampak gempa di Pasaman Padang. Sementara di Lembata, NTT, ada 4 siswa yang terkendala ujiannya oleh cuaca ekstrem dan pemadaman listrik.

“Merespon kejadian ini, panitia pusat memutuskan untuk memindahkan jadwal ujian yang semestinya 26 Februari menjadi Minggu, 27 Februari 2022, sesi ke-4,” tuturnya.

“Kita berdoa bersama pelaksanaan ujian hari kedua ini lancar, termasuk mereka yang dipindahkan hari ini,” harapnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua