Tiba di Bandara Hang Nadim Batam, Seluruh Jemaah Kloter 01 BTH Dalam Kondisi Sehat

Batam (Kemenag) --- Pesawat Saudi Arabia yang membawa 449 jemaah kelompok terbang (kloter) 1 Debarkasi Batam (BTH 1) mendarat di Bandara Hang Nadim Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (26/7/2022) sekitar pukul 13.07 WIB. 

Jemaah Kloter 1 Debarkasi Batam ini bertolak dari Bandara Jeddah pada Senin, 25 Juli 2022, waktu setempat dengan menempuh perjalanan selama 9,5 jam. 

Ratusan jemaah BTH 1 ini berasal dari tujuh kabupaten/kota, yaitu Kota Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, Anambas dan Kabupaten Natuna. 

Tiba di bandara, mereka disambut Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto sekaligus Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam, Plt Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Kepri, Edi Batara, Kabag TU Kanwil Kemenag Kepri Abu Sofyan dan jajaran. 

Turun dari pesawat, jemaah kemudian melewati mesin Health Quarantine Check kemudian masuk ke ruang pemeriksaan antigen. 

Sejumlah petugas dari berbagai instansi tampak sudah bersiap  menyambut kedatangan jemaah, di antaranya, petugas Dinas kesehatan Provinsi Kota Batam, Imigrasi, KKP, Beacukai, Kepolisian dan CIQP Bandara.

Sempat terjadi antrian yang mengular, Kakanwil Kemenag Kepri pun langsung sigap sambil menyapa jemaah untuk tertib dan duduk sambil menunggu antrian. 

"Silahkan duduk dulu ya bapak dan ibu. Ada antrian sebentar, nanti lama ibu nunggu sambil berdiri. Ayo bapak ibu silahkan duduk dulu," kata Kakanwil Kemenag Kepri Mahbub Daryanto saat menyambut kedatangan jemaah haji kloter 01 BTH di bandara internasional Hang Nadim Batam.

"Silahkan duduk bapak dan ibu biar tidak lelah. Selamat kembali pulang, silahkan duduk ya bapak dan ibu," sambungnya. 

Di sela-sela menyambut kedatangan jemaah kloter 01 BTH, Kakanwil Kemenag Kepri mengatakan seluruh jemaah asal Kepri yang tiba hari ini jumlah utuh yakni 495 jemaah. 

"Alhamdulillah jemaah haji kloter 01 BTH yang hari ini tiba dari tanah suci utuh semuanya, yaitu 495 jemaah. Kami mengimbau kepada jemaah untuk tetap menjaga kesehatan dan protokol kesehatan. Dan alhamdulillah kondisi semua jemaah Kepri dalam keadaan sehat. Semoga menjadi haji mabrur, " ujar Kakanwil Kemenag Kepri. 

Pantauan humas, jemaah yang dinyatakan sehat usai antigen, diberi stiker oke yang ditempel di baju. 

Setelah proses antigen dan pengecekan kelengkapan berkas imigrasi selama kurang lebih dua jam di bandara, ratusan jemaah kemudian dibawa ke Asrama Haji Badan Pengusahaan (BP) Batam mengunakan 10 bis. 

Di asrama haji BP Batam, ratusan jemaah haji disambut oleh masing-masing walikota dan bupati dari tujuh kabupaten/kota se Provinsi Kepulauan Riau.

Prosesi pelepasan pun berlangsung hingga Selasa petang. Bagi jemaah asal Tanjungpinang, Bintan, dan Karimun, menurut jadwal akan diberangkatkan hari ini menggunakan kapal laut. 

Sementara bagi jemaah asal Natuna, Lingga, dan Anambas akan diberangkatkan pulang esok harinya dan menginap semalam di Asrama Haji BP Batam. 

Kelompok Terbang (Kloter) berikutnya akan berlangsung pada 27, 28 dan 29 Juli 2022 yang merupakan kloter gabungan, yakni Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Riau.