Tiga Madrasah Aliyah Lolos Seleksi Online Olimpiade APBN 2021

Jakarta (Kemenag) --- Siswa Madrasah Aliyah kembali menorehkan prestasi. Tiga tim Madrasah Aliyah (MA) berhasil lolos seleksi Regional ajang Olimpiade APBN 2021 tingkat Nasional.

Kompetisi ini diselenggarakan Kementerian Keuangan bekerjasama dengan PKN STAN.

Tiga Madrasah Aliyah yang berhasil lolos adalah MAN IC Batam pada Regional 1, Man 1 Lombok Timur pada Regional 3 dan MAN IC Gorontalo pada Regional 4.

Olimpiade APBN adalah sebuah kompetisi berskala nasional untuk pelajar dari SMA/MA/SMK/sederajat atau program paket c yang ada di Indonesia. Olimpiade APBN 2021  mengusung tema "Muda Membangun Bangsa".

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Ditjen Pendidikan Islam, Moh. Ishom mengaku bangga atas prestasi yang diraih oleh siswa Madrasah. “Saya bangga kepada anak-anakku bisa lolos pada tahap II Olimpiade APBN 2021 tingkat nasional, terus semangat semoga menjadi juara,” tuturnya di Jakarta, Sabtu (9/10/2021).

Menurut Ishom, tantangan pemerintah dalam meningkatkan literasi siswa madrasah mulai terpecahkan dengan meningkatnya kualitas sumber daya yang dihasilkan madrasah melalui berbagai prestasi.

Ishom menambahkan, di tengah pandemi global, siswa madrasah terus unjuk prestasi. Ini membuktikan bahwa madrasah sudah mampu melahirkan talenta-talenta berbakat untuk mengisi ruang-ruang kosong yang dibutuhkan bangsa. 

“Maka, ini sangat perlu untuk diketahui dan dijadikan motivasi oleh siswa madrasah di seluruh penjuru indonesia,” pungkasnya.

Olimpiade ini diikuti oleh peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia, dan dibagi menjadi empat region yaitu: Regional 1, untuk daerah Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Lampung.

Regional 2, untuk daerah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa timur, dan Bali. Regional 3, untuk daerah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.

Regional 4, untuk daerah Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua. (Yuyun)