Tim Riset MAN 1 Bungo Sabet Medali Emas WSEEC 2021

Jambi (Kemenag) --- Kabar prestasi siswa madrasah terbaru, datang dari Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bungo berhasil memboyong medali emas dari gelaran World Science, Environment, and Engineering Competition (WSEEC) 2021. 

Adalah  Maiza Wira Mukti siswa kelas XI IPA 1 dan Muhammad Khairul As’ad  siswa kelas XI IPA 3 yang berhasil menjadi juara Social Sciences kategori Secondary dalam kompetisi tingkat internasional tersebut. 

“Alhamdulillah sangat bersyukur mendapatkan hasil terbaik berupa Medali emas dalam kompetisi ini. Tentunya bahagia dan perjuangan kami terbayarkan”, ujar Maiza saat dikonfimasi terkait kemenangannya, Kamis (24/6/2021). 

Kompetisi sains yang diselenggarakan Indonesia Young Scientist Association (IYSA), Sekolah Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia dan Jakarta Global University ini digelar pada 17-20 Juni 2021. Tercatat,  lebih dari 288 tim dari 21 negara di dunia mengikuti kompetisi yang digelar secara hybrid ini. 

Maiza dan As’ad, berhasil menunjukkan kemampuan diri mereka dengan mempresentasikan hasil penelitian media pembelajaran alam rimba. Presentasi yang dilakukan dengan menggunakan bahasa Inggris ini disampaikan Maiza dan As'ad pada Sabtu, 19 Juni 2021. 

Selain medali emas, kedua delegasi MAN 1 Bungo tersebut mendapatkan dua penghargaan lainnya. Pertama, penghargaan Semi Grand Award menuju Malaysia Innovation Invention and Creativity Association 2021. Kedua, penghargaan menuju Macodonia International Competition Award. 

Pembimbing dua siswa tersebut Chairul Wahyudi menyampaikan, persiapan menghadapi kompetisi ini memang telah dilakukan dengan matang. Maiza dan As'ad sebelumnya telah mengikuti masa pembinaan selama kurang lebih satu bulan. 

“Terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, hingga akhirnya mendapat hasil yang terbaik di bidang riset yaitu medali emas. Semoga membawa keberkahan dan manfaat bagi semua pihak, khususnya madrasah,” tutur Chairul. 

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala MAN 1 Bungo, Dony Afrian. Ia  menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan berbagai pihak, termasuk Kementerian Agama Kabupaten Bungo dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jambi. Dony berharap pencapaian membanggakan ini dapat memacu perkembangan dan kemajuan madrasah, khususnya MAN 1 Bungo menuju Madrasah Hebat Bermartabat. (Paspie)