Tingkatkan Literasi, MAN IC OKI kini Punya Habibie’s Library

Kayuagung (Kemenag) --- Ada banyak cara untuk meningkatkan minat baca siswa madrasah. Salah satunya yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

Untuk meningkatkan literasi siswa, madrasah unggulan ini menghadirkan perpustakaan digital dengan nama Habibie’s Library. Kehadiran perpustakaan elektronik ini diresmikan Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain, di Auditorium MAN IC OKI, Sabtu (28/5/2022). Hadir dalam peresmian, Kakanwil Kemenag Sumsel  Syafitri Irwan dan Kabid. Penmad Kemenag Sumsel Muhammad Ali. 

Zain menyambut baik kehadiran Habibie’s Library yang bertujuan meningkatkan budaya membaca  generasi bangsa dengan mengoptimalkan perkembangan teknologi informasi. “Selama ini anak zaman sekarang  menggunakan sosmed untuk sharing, dialog, obrol dengan teman temannya. Maka MAN IC OKI  sediakan E Library , agar siswa bisa akses membaca buku pelajaran secara digital,” ujarnya.

“Dengan adanya Habibie’s Library, peserta didik tidak harus membaca di ruang perpustakaan. Mereka bisa membaca di mana saja, di taman juga bisa karena melalui gadget. Pokoknya era saat ini budaya literasi dikuatkan melalui pemanfaatan Teknologi digital,” imbuhnya.

Kepala MAN IC OKI Kiagus Faisal, mengatakan, melalui Habibie’s Library, pihaknya ingin membudayakan baca tulis siswa. Selain literasi konvensional, juga melalui literasi digital. “Jadi kami berupaya mempermudah layanannya,” ucap Faisal. 

Faisal berharap Habibie’s Library akan meningkatkan minat baca siswa dan prestasi mereka. “Tanpa membaca, siswa itu sulit berprestasi,” terang Faisal.

Habibie’s Library dikembangkan oleh guru MAN IC OKI, Cipto Kurniawan, S.Kom. Selain perpustakaan digital, Cipto juga sudah menyumbangkan banyak karya inovasi dalam meningkatkan digitalisasi madrasah. (Tito)