Transformasi Digital, IAIN Takengon Perkuat Ketersediaan Jaringan Internet

Takengon (Kemenag) --- Transformasi digital yang dicanangkan Menteri Agama direspon IAIN Takengon, Aceh. Salah satunya dengan memperkuat ketersediaan jaringan internet, utamanya di kampus yang berlokasi di dataran tinggi Gayo ini.

Rektor IAIN Takengon Zulkarnain mengatakan, transformasi digital mensyaratkan adanya jaringan internet yang luas dan kuat. Keterbatasan ini masih menjadi kendala di IAIN Takengon. Karenanya, diinisiasi kerjasama dengan penyedia layanan jaringan internet.

"Kami terus berupaya memperkuat ketersediaan jaringan internet pada kampus pengembangan IAIN Takengon di Mulie Jadi Kecamatan Silih Nara. Kampus hari ini, melaksanakan penandatanganan piagam kesepahaman dengan pihak PT Indonesia Comnet Plus," terang Zulkarnain usai penandatangan MoU yang berlangsung di kantor Icon Plus perwakilan wilayah Sumbagut, Medan, Jumat (5/11/2021).

Menurutnya, MoU ini sebelumnya telah dibahas oleh kedua belah pihak di kampus IAIN Takengon. Sejak 2019, IAIN Takengon sudah mulai memanfaatkan gedung baru di kampus pengembangan untuk giat perkuliahan. Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) yang berada di kawasan Aceh Tengah ini sekarang memiliki dua kampus. Kampus lama ada di pusat Kota Takengon, kampus pengembangan di dataran tinggi Kecamatan Silih Nara.

"Pada kampus pengembangan IAIN Takengon, akses internet masih sulit. Padahal, perkuliahan sudah berlangsung. Pelayanan akademik dan non akademik untuk dua fakultas sudah dilaksanakan di kampus pengembangan tersebut. Ini sangat mendesak," tegas Zulkarnain.

"Kerja sama ini bagian upaya merealisasikan secara bertahap program kampus digital, termasuk untuk mengioptimalkan sistem blanded laeranig," sambungnya.

Zulkarnain menambahkan, jaringan yang dipasang nantinya bisa juga dimanfaatkan oleh madrasah dan pesantren. Menurutnya, hal ini sudah didiskusikan juga dengan Kakanwil Kemenag Aceh dan Kakankemenag Kabupaten Aceh Tengah. 

"Baik Kakanwil maupun Kankemenag mendukung dan menyambut baik karena akses jaringan tersebut akan tersedia," ujarnya.

General Manager Icon Plus Firza mengatakan, pihaknya telah melakukan pemasangan infrastruktur jaringan internet di kampus pengembangan IAIN Takengon. Dia berharap proses pemasamgannya selesai pertengahan November ini.

"Setelah jaringan ini aktif, nantinya jasa layanan jaringan internet ini dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan dan masyarakat di jalur Takengon-Silih Nara dan sekitarnya," tuturnya.

"Sejumlah madrasah dan pondok pesantren tentu dapat juga memanfaatkan ketersediaan jaringan ini," tandasnya.