Nasional

UHN Denpasar dan UIN Yogya Jajaki Pertukaran Dosen dan Mahasiswa

Rektor UHN IGB Sugriwa dan jajaran saat menerima Tim Sosialisasi PMB jalur Keberagaman dan 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) UIN Suka Yogyakarta

Rektor UHN IGB Sugriwa dan jajaran saat menerima Tim Sosialisasi PMB jalur Keberagaman dan 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar) UIN Suka Yogyakarta

Bangli (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta menjajaki kerja sama pertukaran dosen dan mahasiswa dengan Universitas Negeri Hindu I Gusti Bagus Sugriwa (UHN IGB) Sugriwa, Denpasar.

Kerja sama ini dibahas bersama dalam pertemuan antara Tim UIN Suka dengan tim UHN IGB di Bangli, Bali. Utusan dari UIN Suka merupakan Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Jalur Keberagaman dan 3T (Terdepan, Tertinggal, dan Terluar). Tim ini terdiri atas Direktur Pascarsajana UIN SUKA Yogyakarta, Abdul Mustaqim, Dekan Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Marhumah, dan sejumlah anggota.

"Semoga ke depan kerjasama dan pertukaran dosen dan mahasiswa UHN-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta segera terwujud," kata Rektor UHN IGB I Gusti Ngurah Sudiana di Bangli, Sabtu (28/5/2022).

"Dengan keberagaman yang dimiliki masing-masing universitas, semoga menjadi wadah persatuan untuk mewujudkan nilai-nilai moderasi beragama," tambahnya.

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa kampus yang dipimpinnya terus membuka peluang kerja sama kepada kampus-kampus besar lainnya, terlebih UHN sedang berupaya menuju World Class University (WCU).

"Perjuangan ini tidak mudah, namun kami yakin bisa, berkat bantuan dan kerja sama dari semua pihak, termasuk UIN Suka Yogyakarta," katanya.

Direktur Pascarsajana UIN SUKA Yogkarta, Abdul Mustaqim menyampaikan terima kasih kepada civitas akademika UHN IGB Sugriwa yang telah menerima rombongannya. "Kunjungan ini dalam rangka dialog keberagaman dan promosi sekaligus sosialisasi PMB pada jalur keberagaman UIN Sunan Kalijaga," kata Abdul Mustaqim.

"Kita ingin jajaki kerjasama UIN Suka dengan UHN perihal pertukaran Dosen dan Mahasiswa," tambahnya.

Dikatakan Abdul Mustaqim, keragaman budaya atau agama seharusnya menjadi pemersatu bangsa Indonesia yang besar. Keragaman ini bisa dirajut lewat jalur pendidikan.

"Asumsinya, ketika nilai-nilai Moderasi Beragama sudah tertanam pada lingkup civitas akademika, maka akan bisa mengawal keberaman," jelas Abdul Mustqim.

Tampak hadir juga Direktur Pascasarjana UHN IGB Sugriwa, Relin D.E., Plt. Karo Administrasi Akademik, Kemahasiswaan dan Kerjasama, Ida Ayu Nyoman Siang Arini, dan para Kaprodi.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua