UHN IGB Sugriwa dan Withtheworld.co Sinergi Pertukaran Mahasiswa Internasional

Bangli (Kemenag) --- Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa terus berbenah menuju World Class University. UHN menjalin sinergi dalam pertukaran mahasiswa dengan berbagai kampus dan lembaga internasional, salah satunya dengan Withtheworld.co.

Kerjasama kedua pihak ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman secara digital pada Jumat (26/8/2022). Withtheworld.co merupakan sebuah perusahaan di bidang pendidikan yang terkoneksi dengan berbagai Universitas di Jepang.

“Kerjasama ini sangat penting, kami akan melakukan pertukaran mahasiswa. Kerjasama ini sekaligus untuk mengenalkan kebudayaan lokal Bali yang mendunia,” kata Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana, di Bangli.

I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan bahwa program pertukaran mahasiswa ini memungkinkan mahasiswa UHN IGB Sugriwa untuk belajar bersama dalam satu kelas dengan mahasiswa asing melalui integrasi mata kuliah yang ada. Fokusnya, pada pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing serta pertukaran informasi mengenai budaya masing-masing negara.

Mahasiswa Jepang

“Program ini juga akan mulai diimplementasikan pada Tahun akademik 2022/2023 semester ganjil dengan menyediakan satu rombongan belajar yang terdiri atas mahasiswa pilihan hasil seleksi untuk belajar bersama dengan delegasi mahasiswa Jepang terpilih. Dan akan berlangsung secara online,” tegas I Gusti Ngurah Sudiana.

Sebelumnya, UHN IGB Sugriwa juga sudah menjalin kerja sama dengan Toyo dan Tokai University. Kerja sama ini dilakukan dalam bentuk pertukaran lima mahasiswa dan lima dosen. “Namun, tidak menutup kemungkinan, kita akan lakukan pertukaran mahasiswa dan dosen sebanyak-banyaknya,” tandas I Gusti Ngurah Sudiana.

I Gusti Ngurah Sudiana berharap kerjasama dengan berbagai Universitas di Jepang terus berjalan baik. Dengan demikian, cita-cita UHN IGB Sugriwa menuju World Class University segera tercapai dengan baik dan lancar.