UIN Ar-Raniry Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Mahasiswa

Banda Aceh (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar pelatihan jurnalistik bagi mahasiswa. Kegiatan yang digelar selama dua hari, mulai 28-29 Mei 2022 ini diikuti oleh 60 mahasiswa dari program studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry. 

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Fauzi Ismail menuturkan, pelatihan ini merupakan salah satu upaya kampus untuk meningkatkan kemampuan (skill) mahasiswa agar mampu bersaing di era digital.  

“Mahasiswa harus mempunyai banyak keahlian supaya bisa terus berkembang mengikuti tren perkembangan zaman di era digital sekarang ini,”kata Fauzi di Aula FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (28/5/2022).

Menurutnya, menguasai ilmu jurnalistik sangat penting di era sekarang ini, khususnya bagi mahasiswa ilmu perpustakaan. "Karena seseorang yang memiliki skill dan kompetensi di bidang jurnalistik juga memberi peluang mahasiswa untuk masuk ke dunia kerja," imbuhnya. 

Sebelumnya, Ketua Prodi Ilmu Perpustakaan Nurhayati Ali Hasan menyampaikan pelatihan jurnalistik dasar ini bertujuan untuk membekali mahasiswa agar mampu berkompetensi dalam bidang menulis atau memproduksi karya jurnalistik baik untuk media cetak, online atau media sosial.

“Kegiatan pelatihan jurnalistik ini sebagai upaya meningkatkan kemampuan dasar literasi yaitu membaca dan menulis. Namun, era sekarang ini mahasiswa Ilmu Perpustakaan juga harus menguasai literasi data, teknologi dan kemanusiaan,”kata Nurhayati Ali Hasan. 

Lebih lanjut, Nurhayati menjelaskan bahwa selama dua hari peserta dibekali dengan berbagai materi tentang teknik dasar jurnalistik. Adapun materi tersebut meliputi materi tentang berkomunikasi santun dan aktif menangkal hoaks, peran Pemerintah Daerah dalam membangun budaya literasi di Aceh, teknik menulis press release dan reportase berita. 

Mahasiswa juga diajarkatan tentang penulisan artikel dan opini, manajemen penerbitan surat kabar dan juga kunjungan ke kantor Serambi Indonesia untuk pengenalan pengelolaan penerbitan surat kabar dan manajemen redaksional. 

Hadir sebagai narasumber dan instruktur pelatihan, antara lain: Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Aceh Edi Yandra, Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik Diskominfo dan Sandi Aceh, wartawan Rakyat Aceh Yusmadi dan wartawan senior Serambi Indonesia Yarmen Dinamika. (Arkin)