UIN KHAS Jember Kukuhkan Guru Besar Sosiologi Agama dan Ushul Fiqh

Jember (Kemenag) --- Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengukuhkan dua guru besar. Prof. Dr. M. Khusna Amal, S. Ag, M.Si dikukuhkan sebagai guru besar bidang sosiologi agama dan Prof. Dr. M. Dahlan, M.Ag dikukuhkan sebagai guru besar bidang ushul fiqh. 

Khusna Amal merupakan Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora UIN KHAS Jember. Sedangkan Moh. Dahlan merupakan Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember. 

Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Guru Besar ini berlangsung di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) kampus UIN KHAS Jember, Jumat (7/10/2022). Prof Khusna Amal menyampaikan pidato ilmiah bertajuk “From Conservative to Moderate Firm, Kontribusi Humor dalam Mengembalikan Wajah Sumringah Islam di Ruang Digital”. Prof Dahlan menyampaikan pidato ilmiah dengan judul “Wacana Ushul Fiqih Kebangsaan Membaca Paradigma Objektifikasi Maqashid Syariah Pemerintahan Joko Widodo.”

Khusna Amal menyoroti kontestasi keberagamaan yang berlangsung di media sosial. Dikatakan Amal, alih-alih menyampaikan pesan-pesan substantif keagamaan dengan cara-cara yang berkeadaban, setiap kelompok kerap terseret dalam arus persaingan liberal dengan memproduksi disinformasi, hate speech, dan hoax.

Menurut Amal, platform humor turut berkontribusi dalam mengembalikan wajah sumringah Islam Indonesia. 

“Platform humor dapat berfungsi untuk membebaskan seseorang atau sekelompok orang dari perasaan tertekan secara psikologis, termarginalkan secara sosial dan tersubordinasikan secara politik. Platform humor yang dapat menghadirkan keceriaan dan keramahan dapat dimengerti sebagai suatu anti-tesa atas berbagai bentuk intoleransi, eksklusivisme dan radikalisme,” terang Khusna Amal.

Sementara Moh. Dahlan dalam pidato ilmiahnya menguraikan fondasi ushul fiqh dalam konstruksi kebangsaan dan keislaman yang relevan sebagai penguatan nilai-nilai kebangsaan dan juga pembangunan hukum di Indonesia. 

Rektor UIN KHAS Jember Babun Suharto mengungkapkan, dengan dikukuhkannya dua guru besar ini, maka jumlah guru besar di UIN KHAS Jember bertambah menjadi 12 orang.

“Saya sebagai pimpinan mengucapkan selamat kepada Saudara Prof. Dr. Moh. Dahlan dan Prof. Dr. M. Khusna Amal atas pencapaian tertinggi dalam dunia akademik. Kami selalu mensupport para dosen untuk meraih guru besar, dan insya Allah dalam waktu dekat beberapa dosen di UIN KHAS Jember juga akan menyusul mendapatkan SK Guru Besar,” ungkap Babun.