Nasional

UIN Yogyakarta Jadi Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan

Perpustakaan UIN Yogyakarta raih penghargaan

Perpustakaan UIN Yogyakarta raih penghargaan

Yogyakarta (Kemenag) --- Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga menerima penghargaan sebagai Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan. Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dinilai berkomitmen dalam meningkatkan layanan dan koleksi yang berkualitas.

Penghargaan ini diterima Rektor UIN Sunan Kalijaga, Al Makin, dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2023. Giat ini diselenggarakan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Jakarta, Senin (6/3/2023). Turut hadir dalam agenda ini, Kepala Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga, Labibah Zain.

Ada beberapa kategori penerima penghargaan Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan. Untuk Perpustakaan Sekolah, diraih MAN Insan Cendekia Serpong. Untuk Perpustakaan Perguruan Tinggi diraih UIN Sunan Kalijaga. Selain itu, ada penghargaan Perpustakaan Khusus yang diraih tiga instansi, yaitu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK); Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI); dan Kementerian PAN/RB Republik Indonesia. Melalui penghargaan ini, UIN Sunan Kalijaga menjadi satu-satunya wakil perguruan tinggi yang mendapat penghargaan Rujukan Nasional Akreditasi Perpustakaan di Indonesia.

Penghargaan ini tidak terlepas dari komitmen UIN Sunan Kalijaga untuk mengembangkan sistem perpustakaan kelas dunia yang mendukung penelitian, pendidikan, dan pertumbuhan intelektual di Indonesia. Sebagai rujukan akreditasi perpustakaan nasional, perpustakaan telah menunjukkan dedikasinya untuk menyediakan layanan berkualitas tinggi yang memenuhi standar internasional.

Rektor UIN Sunan Kalijaga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih atas penghargaan yang diterima. "Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga sudah berlevel internasional. Tidak hanya koleksinya, fasilitasnya, atau dari sisi digitalisasinya saja, tapi juga kreativitas pustakawannya. Di bawah kepemimpinan Dr. Labibah Zain, MLIS, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga telah merambah media-media sosial seperti Instagram, Tiktok dan YouTube," terang Al Makin.

Rektor menambahkan, Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga profesional dan handal dalam meIayani dengan sepenuh hati, juga dalam melaksanakan berbagai program menarik. Misalnya, mengadakan program human library dan bedah buku bersama rektor.

Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga juga terus berinovasi dan mengembangkan network internasional. Salah satu program inklusif perpustakaan adalah layanan Difabel Corner dan Program Koleksi manusia yang bertujuan mengubah mindset pengunjung perpustakaan agar lebih moderat.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses untuk Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Kepada Kepala Perpustakaan, Dr. Labibah, MLIS, juga seluruh timnya Dra. Irhamny, Dra. Khusnul Khotimah, Drs. Mokh. Tantowi, Dra. Ida Nor’aini, Drs. Bambang Heru Nurwoto, Isrowiyanti, Wahyani, Suhardi, Puji Hartati, Sri Astuti, Harniyati, Sri Lestari, Sugeng Hariyanto, Muchti Nurhidaya, Ismiyatin, Rochyati, Sofwan, Etty Nurhayati, Nur Arifin, Triyono, Edi Prasetya, Miftakhul Yazid Fuadi, Minto, Hasan Latif, Anik Nur Azizah, Adilfiya Noor Fiqis, Asri Yuna Chasanawati, Heru Pasuko Rini, Pratiwi Pramitaningdyah, Muh Khabib, Prayuda Wirawan, dan Widyastuti Kartini. Serta untuk Tim Part Time Mahasiswa yang juga luar biasa,” pungkasnya.

Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando menyampaikan apresiasi dan penghargaan atas prestasi yang diraih perpustakaan UIN Sunan Kalijaga. Ia berharap prestasi ini dapat menjadi contoh bagi perpustakaan lainnya di Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan layanan yang diberikan kepada pengguna.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Istimewa

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua