Nasional

UNHI Jadi Mercusuar

Denpasar, 30/1 (Pikda) - Universitas Hindu Indonesia (UNHI) Denpasar diharapkan mampu menjadi sebuah lembaga "mercusuar" kajian agama dan kebudayaan Hindu. "Jurnal yang akan diterbitkan tahun ini diharapkan terakreditasi nasional sehingga mampu menjadi corong kualitas kajian lembaga pendidikan," kata Rektor UNHI Denpasar, Prof Dr Ida Bagus Gde Yudha Triguna, MS di Denpasar, Senin.

Ketika dilantik sebagai Rektor UNHI periode 2006-2010 oleh Ketua Yayasan UNHI Drs Made Gede Sutama, ia berharap UNHI tidak saja besar di media massa, namun juga besar pada akademis. Hal itu ditunjukkan dari banyaknya orang yang mencari referensi hasil penelitian, terbitan jurnal dan buku di Universitas Hindu Indonesia. Gurubesar Agama Hindu pertama di Indonesia itu itu menegaskan, hanya dengan lulusan yang bermutu, UNHI akan dicari serta disegani para ilmuwan dan cedekiawan. "UNHI di bawah nahkoda Prof Dr Ida Bagus Gunada, M.SI, rektor sebelumnya telah mempu menggugah peranserta masyarakat dalam memajukan UNHI," katanya.

Hal itu ditunjukkan dengan keberhasilan membangun gedung rektorat, pascasarjana, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer, sebuah perangkat keras menunjang kualitas proses belajar mengajar," ujar Triguna. Semua itu mengukuhkan bahwa, hanya seorang pemimpin yang berkarakter, memiliki hubungan luas dan berpengalaman baru akan mampu membawa lembaga seperti UNHI ke arah yang lebih baik.

"Atas dasar dan keberhasilan yang diraih rektor sebelumnya diharapkan ke depan UNHI bisa sejajar dengan dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia," harap Yudha Triguna. UNHI Denpasar memiliki emapt fakultas untuk sarjana (S-1) dan empat fakultas untuk program pasca sarjana (S-2)(Ant/smt)

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua