Nasional

Wamenag Imbau Sepulang Haji Jemaah Makin Cinta Indonesia dan Sayang Sesama Makhluk

Wakil Menteri Agama sambut kedatangan 388 jemaah haji Indonesia di Debarkasi Medan

Wakil Menteri Agama sambut kedatangan 388 jemaah haji Indonesia di Debarkasi Medan

Medan (Kemenag) --- Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi mengimbau jemaah haji sepulang dari Tanah Suci semakin mencintai Indonesia dan menyayangi sesama makhluk. Imbauan ini disampaikan Wamenag saat menyambut kedatangan 388 jemaah haji Indonesia di Debarkasi Medan, Rabu (27/7/2022).

"Saat di Arab, bapak ibu kangen tidak dengan Indonesia? Tentu kangen ya Pak, Ibu? Itu artinya Bapak dan Ibu cinta dengan Indonesia, cinta dengan NKRI," ujar Wamenag kepada para Jemaah.

“Meski kita tahu bahwa banyak tempat tempat-tempat yang mustajab, banyak tempat yang luar biasa di Saudi, namun ketika kita ingat tanah air, kita sadar betapa luar biasanya Indonesia,” sambungnya.

Wamenag juga mengimbau para jemaah semakin meningkatkan rasa sayangnya terhadap sesama makhluk. Karena itulah salah satu tauladan yang Nabi contohkan dalam setiap prilakunya.

“Sebagai haji yang mabrur juga meningkatkan rasa sayang kita kepada sesama umat manusia. Sayang sesama tetangga, saudara, dengan semakin terus menebarkan cinta dan kedamaian dengan ucapan yang baik, jangan menyakiti saudara kita,” imbaunya.

Menurutnya, salah satu ciri haji mabrur yang tidak kalah penting adalah selalu peduli dan membantu sesama dengan memberikan kelonggaran pada saudara-saudara atau orang sekitar yang membutuhkan.

Terakhir, Wamenag berpesan bahwa agar jemaah tetap menjaga kesehatan. Karena, saat ini pandemi belum juga berakhir.

Setibanya di Asrama Haji Medan, langsung dilakukan swab antigen kepada seluruh jamaah. Hasilnya, semuanya dinyatakan negatif.

“Setelah saat ini, Bapak Ibu kembali ke keluarga dengan bahagia, sampaikan salam saya. Semoga diberikan kesehatan dan keselamatan. InsyaAllah dalam kondisi yang baik dan niat ibadah kita,” tutupnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Hilman Fauzi

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua