Daerah

Wamenag Lepas KKN Mahasiwa Serumpun Angkatan III di UIN Ar-Raniry

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi

Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi

Banda Aceh (Kemenag) - - Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid hari ini membuka sekaligus memberi pembekalan kepada peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Melayu Serumpun Angkatan III Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Sumatera - Aceh Jaya.

Pembekalan kepada Mahasiswa peserta KKN Melayu Serumpun ini berlangsung di Auditorium Prof Ali Hasjmy UIN Ar Raniry Banda Aceh.

Zainut Tauhid mengharapkan kegiatan KKN Melayu Serumpun di Kabupaten Aceh Jaya ini dapat melahirkan generasi muda yang tidak hanya sekadar berprestasi melainkan mampu memahami persoalan-persoalan di tengah masyarakat

"Kami menaruh harapan kepada mahasiwa KKN Melayu Serumpun dapat menjadi orang hebat, bermanfaat dan bermartabat. Sampaikan kepada masyarakat, Islam yang damai, Islam yang Rahmatan Lil Alamin dan Islam yang cinta kepada sesama," kata Wamenag, Rabu (22/6/2022).

Ditambahkan Wamen, kegiatan KKN Melayu Serumpun juga akan memberi pengalaman bidang studi dan pengalaman kegiatan kemasyarakatan yang tentunya bisa menumbuhkan rasa persaudaraan yang lebih kuat sesama mahasiswa dan masyarakat.

Gagasan KKN Melayu Serumpun ini lanjut Wamen sangat inovatif dan hadir di tengah keberagaman dan Kemajemukan. "Indonesia negara yang sangat plural. Dan kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air," tandas Wamen.

"Mahasiswa mememilki derajat yang lebih tinggi dari masyarakat awam. Nah, kegiatan ini menjadi ruang bagi mahasiswa untuk berbaur dan mendengar keluhan-kelurahan dari masyarakat. Mahasiwa itu mengajak bukan mengejek, mahasiswa itu merangkul bukan memukul dan memberikan keramahan bukan marah-marah. Mahasiwa harus bisa memberikan solusi kepada masyarakat, " sambungnya.

Wakil Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh Syahbuddin mengatakan KKN Melayu Serumpun angkatan III PTKIN se Sumatera ini diikuti 122 peserta.

Mereka akan ditempatkan di Kabupaten Aceh Jaya. Para peserta berasal dari berbagai PTKIN di Sumatera diantaranya IAIN Langsa, Lhokseumawe, UIN Bengkulu, STAIN Bengkalis, IAIN Metro Lampung, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, STAIN Tgk Di Rundeng Meulaboh dan IAIN Curup.

"KKN Melayu Serumpun ini mengusung tema Pengembangan Pariwisata Halal dan Budaya Melayu Serumpun. Kami berharap gaung KKN Melayu Serumpun ini ke depan akan semakin luas hingga Kalimantan, Sulawesi hingga Papua dan Internasional," ujarnya.

Selain melepas KKN Mahasiwa Serumpun, Wamen juga didapuk menjadi penguji eksternal dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor atas nama Rahmad Syah Putra MPd MAg di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ujian tersebut dibuka dan dipimpin langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Prof Dr H Mukhsin Nyak Umar MA yang bertindak sebagai ketua penguji dan Ketua Prodi program Doktor PAI UIN Ar-Raniry Dr Yusra Jamali MA sebagai sekretaris.

Anggota penguji terdiri dari Wakil Menteri Agama RI, Dr H Zainut Tauhid Sa'adi MSi, Prof Dr Yusrizal MPd, Assoc Prof Dr Zulkarnaini MPd, Assoc Prof Dr Phil Abdul Manan MSc MA. Adapun Prof Dr M Hasbi Amiruddin MA sebagai promotor dan Prof Eka Srimulyani MA PhD sebagai co promotor.


Editor: Dodo Murtado
Fotografer: Romadaniel

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua