Internasional

Wapres Buka MTQ Internasional 2014

Palembang (Pinmas) —— Wakil Presiden Indonesia Boediono membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Internasional 2014, Selasa (23/09) malam, di Sport and Convention Center (PSCC), Palembang.

Dalam sambutannya, Wapres mengucapkan selamat datang kepada para kafilah dari 40 negara (termasuk Indonesia), sekaligus mengajak semuanya untuk sama-sama menunjukan citra Islam yang ramah dan damai.

“Selamat datang para kafilah dari negara sahabat, mari, melalui MTQ ini, kita tunjukkan pada dunia, citra Islam yang ramah, sejuk dan damai. Dan semoga mampu menghasilkan qari’ dan qari’ah yang ikut menjaga al-Qur’an,” harap Wapres.

Dalam kesempatan tersebut, Wapres menyatakan bahwa Islam adalah agama yang menjunjung tinggi kasih sayang. “Islam dengan tegas melarang pemeluknya untuk memaksakan kehendak, melakukan teror dan membenarkan kekerasan. Kekerasan hanya bisa dilakukan sebagai jalan terakhir untuk membela diri dari ancaman yang tidak terelakkan,” tambah Wapres.

Wapres melihat, MTQ bisa digunakan sebagai ajang mempelajari Islam dengan baik. Selain itu, MTQ juga menjadi wahana menjalin silaturahim dan saling mengenal lebih dalam antar kafilah, memperdalam ukhuwah Islamiyyah serta menunjukkan betapa Islam sangat kompatable dengan kemajuan dan demokrasi.

“Islam di Nusantara, sejak Walisongo membuktikan bahwa Islam mampu beradaptasi dengan budaya dan lingkungan. Islam juga mengajarkan untuk hidup berdampingan dan melindungi kelompok minoritas, hal ini yang dilakukan Baginda Nabi Muhammad saw dalam Piagam Madinah,” urai Wapres.

“Kebenaran Islam melintasi ruang dan waktu, Rasulullah saw diciptakan bukan hanya untuk umat Islam, namun sebagai rahmat bagi alam semesta. Karenannya, mari kita lanjutkan keteladanan beliau dalam masyarakat, mari kita ciptakan Islam yang rahmatan lil’alamin,” tambahnya.

Wapres menambahkan bahwa prinsip-prinsip hidup damai menjadi salah satu pedoman yang termaktub dalam al-Qur’an. Al-Qur’an juga memberi inspirasi kepada kita untuk membangun tata kehidupan yang adil, jujur dan harmonis.

Selain itu, lanjut Wapres, dalam Al-Qur’an, ada konsep dasar tata kehidupan yang bermoral dan berperadaban tinggi. “Semoga, MTQ ini mampu mempertegas sikap Islam yang menjunjung tinggi kerukunan kedamaian dan ramah dalam keberagaman. Mari, bersama-sama, kita ciptakan kehidupan yang harmonis, penuh toleransi dan kasih sayang.” ajak Wapres.

Menandai dibukannya MTQ, Waprws Boediono mengguyurkan air dalam kendi ke kolam yang telah disediakan. MTQ Internasional di Palembang ini diikuti oleh 83 peserta dari 40 negara dan memperlombakan dua kategori, yakni tilawah (pembacaan) dan tahfizd (hafalan).

Untuk tilawah, diikuti oleh peserta putra dan putri, sedang tahfidz hanya diikuti peserta laki-laki. Panitia menghadirkan 17 hakim; terdiri atas 11 hakim asal Indonesia dan 6 hakim dari luar negeri. Rencanannya, MTQ akan berlangsung hingga 27 September 2014. (G-penk/mkd/mkd)

Tags:

Internasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua