Nasional

Warga Lintas Agama di Jember Gelar Doa dan Taubat Nasional

Jember, 16/02 (Pikda) - Ribuan warga lintas agama yang terdiri atas umat Islam dan Kristiani di Kabupaten Jember, Jatim, menggelar doa dan taubat nasional untuk meminta keselamatan dan terhindar dari bencana. Acara yang dikemas dalam persaudaraan anak bangsa ini, Kamis, diselnggarakan di Ponpes Siradjul Anwar, dan dihadiri oleh Ketua PWNU Jatim KH. Drs. Ali Maschan Musa, Romo Hariyanto dari keuskupan Surabaya, dan KH. Syahcroni Abdul Aziz, ketua Badan Komunikasi Antar Ummat Beragam Maluku Tengah.

Dalam acara itu, umat Islam yang hadir melakukan istiqosah dengan membaca tahlil, tahkmid, dan sholawat, yang dilanjutkan dengan pembacaan doa. Ketua PWNU Jatim, KH. Drs. Ali Maschan Musa dalam kesempatan itu, mengatakan persoalan bencana banjir dan longsor, harus menjadi tanggung jawab bersama, dan diselesaikan secara bersama pula.

"Kecuali yang menyangkut peribadatan kita harus melakukan sesuai dengan kenyakinan dan peribadatan masing-masing," katanya. Nabi Muhammad SAW , kata ketua PWNU Jatim ini, saat membangun negara di Madinah bukanlah untuk mendirikan negara islam melainkan membangun negara yang pluralisme, untuk kemakmuran bersama.Karena itu, dia mengajak kepada semua umat untuk saling tolong menolong dan menciptakan kebersamaan dan persatuan guna terwujudnya bangsa yang harmonis, terhindar dari musibah.

Sementara itu, Ketua Badan Komunikasi Antar Ummat Beragama Maluku Tengah, KH. Syahcroni Abdul Aziz mengajak pada semua umat beragama untuk melakukan tobat agar terhindar dari murka Allah."Tidak ada manusia yang tidak berdosa, sehingga taubat merupakan obat yang mujarab untuk selalu mendekatkan diri pada penciptanya."ujar dia.

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua