Daerah

Wisuda 114 Mahasiswa, Rektor UHN IGB Sugriwa : Terus Bangun Sinergitas dan Kolaborasi

Samawartana calon wisudawan UHN IGB Sugriwa (foto : Istimewa)

Samawartana calon wisudawan UHN IGB Sugriwa (foto : Istimewa)

Bali (Kemenag) ---- Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus (UHN IGB) Sugriwa menggelar wisuda mahasiswa, di Bali, Selasa (18/5/2021). Rektor UHN IGB Sugriwa, I Gusti Ngurah Sudiana menekankan ini adalah momentum untuk membangun sinergitas dan kolaborasi baik kepada civitas akademika maupun setelah berbaur dengan masyarakat di dunia kerja nantinya.

"Saya juga berharap, wisuda kali ini dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk menghimpun sinergitas dan kolaborasi sehingga kita menjadi Superteam, bukan Superman yang hanya ada di film kartun," kata I Gusti Ngurah Sudiana di hadapan 114 wisudawan/wisudawati.

I Gusti Ngurah Sudiana menjelaskan bahwa menjadi kebanggaan tersendiri bagi semua, atas perjuangan, kolaborasi dan sinergitas umat Hindu beserta pemerintah hingga memiliki Perguruan Tinggi Keagamaan Hindu (PTKH) yang berstatus universitas satu-satunya di Indonesia.

"Di tangan para alumni, harapan “Kampus Kerukunan” yang telah melekat pada UHN IGB Sugriwa Denpasar harus diinternalisasikan secara nyata dalam kehidupan seluruh civitas akademika dan di masyarakat. Semoga kampus tercinta ini akan memberikan manfaat besar bagi kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara," pesan I Gusti Ngurah Sudiana.

Untuk itu, lanjut ketua PHDI Bali ini, kiranya seluruh civitas akademika dapat terus menjaga kerukunan dan persatuan sehingga pelayanan dan kinerja kampus akan dapat dilakukan berdasarkan nilai-nilai keikhlasan dan budaya kerja Kementerian Agama.

I Gusti Ngurah Sudiana mengucapkan terimakasih kepada para tenaga pendidik yang telah berhasil mendidik dan membina para mahasiswa hingga menuntaskan studinya. Keberhasilan ini menurutnya juga tak lepas dari para tenaga kependidikan yang telah memberikan pelayanan administrasi dan akademik.

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para pejabat struktural maupun non struktural baik di Dekanat maupun Pascasarjana. Ucapan terima kasih yang tak terhingga saya haturkan kepada para orang tua yang telah memberikan kepercayaan kepada UHN IGB Sugriwa untuk menjadikan para wisudawan menjadi Sarjana Yang Sujana," papar I Gusti Ngurah Sufiana.

Bagi I Gusti Ngurah Sudiana, acara wisuda bukanlah terminal akhir dari proses belajar, karena jutsru di “universitas kehidupan” akan terus berjalan dan diuji. Namun yang terpenting adalah bagaimana para wisudawan memaknai proses menyejarah yang dialami selama menjalani studi, bukan hanya meraih hasil akhir semata.

Dijelaskan I Gusti Ngurah Sudiana bahwa berdasarkan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas peraturan pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, UHN IGB Sugriwa Denpasar akan terus berproses menjadi yang terbaik. Harapan besar ini yelag disematkan dalam visi UHN IGB Sugriwa Denpasar, yaitu “Terdepan dalam Dharma, Berdaya Saing dalam Widya, Adaptif dalam Budaya”.

Untuk mewujudkan visi tersebut, lanjut Rektor, UHN IGB Sugriwa Denpasar memiliki program unggulan, antara lain: Meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan. Usaha ke arah sedang dirintis melalui berbagai diklat, short course, sandwich program dan postdoctoral serta pertukaran mahasiswa dan dosen, baik di dalam negeri maupun luar negeri. Meningkatkan kualitas sarana dan prasarana.

“Program ke arah itu sedang berjalan melalui pengembangan kampus yang luas dan representatif baik yang ada di Denpasar maupun terutama di Bangli. Selain bangunan fisik, kami saat ini sedang merancang sistem teknologi informasi yang terintegrasi dan terpadu,” ungkap Sudiana.


"Akselerasi UHN IGB Sugriwa Denpasar sebagai World Class University yang pencanangannya akan dilakukan pada tahun ini. Beberapa lembaga baru dan program telah dirancang, yaitu: Pusat Dokumentasi dan Humas, Pusat Pengembangan Karir dan Inkubator Bisnis, Pusat Kajian Naskah Hindu Nusantara, Pusat Destinasi Wisata Yoga Kesehatan Bali Kuno Pusat Destinasi Wisata Pencak Silat Bali Kuno, dan Membuka pendidikan yang inklusif bagi seluruh masyarakat" imbuhnya.

Dengan status Universitas, civitas akademika UHN IGB Sugriwa terus mengupayakan terselenggaranya Program Studi Umum minimal dua fakultas untuk melengkapi dan memperkuat tiga fakultas yang telah ada sebelumnya, baik di tingkat Sarjana maupun Magister dan Doktoral. Selain itu, UHN IGB Sugriwa Denpasar sebagai kampus yang multikultur dan multireligius dipersiapkan juga program “Kampus Kerukunan” dan “Rumah Moderasi Beragama”," tutup I Gusti Ngurah Sudiana.



Editor: Moh Khoeron
Fotografer: M Arif Efendi

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua