Kementerian Agama Susun Strategi Akselerasi Reformasi Birokrasi

Bogor (Kemenag) --- Kementerian Agama (Kemenag) tengah menyusun strategi akselerasi reformasi birokrasi. Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar menargetkan strategi ini dapat diselesaikan dalam Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Reformasi Birokrasi (Rakor Pokja RB) Kemenag.  

Rakor Pokja RB berlangsung selama tiga hari, mulai 8-10 September 2021, di Bogor, Jawa Barat. Rakor yang diikuti 135 peserta ini digelar secara luring dan daring. “Rapat koordinasi ini harus mampu menghasilkan strategi akselerasi, informasi, dan peta progress capaian implementasi reformasi birokrasi yang konkrit,” tutur Sekjen Kemenag Nizar, saat membuka Rakor Pokja RB, Rabu (8/9/2021). 

Strategi akselerasi ini, selanjutnya akan disajikan kepada Tim Penilai Nasional (TPN) Reformasi Birokrasi dalam pelaksanaan evaluasi tahun 2021. Nizar juga mengingatkan, reformasi birokrasi bukanlah bersifat sentralistik. 

“Reformasi birokrasi ini harus menjadi tanggung jawab bersama. Harus dimotori oleh para pejabat strategis Kementerian Agama di pusat dan di daerah,” tegas Nizar.

“Reformasi Birokrasi Kemenag harus mampu mendorong setiap satuan kerja agar manfaat dan keberadaannya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” imbuhnya.  

Ia menuturkan, reformasi birokrasi dapat terwujud bila ada perubahan mindset dan culture set Kemenag. “Perubahan mindset dan culture set harus terus didorong agar birokrasi mampu menunjukkan performa/kinerjanya,” ujar Nizar. 

Di hadapan peserta rakor yang terdiri dari pimpinan unit eselon I, II, serta Tim Pokja RB Kemenag ini, Nizar mengingatkan tugas lainnya yang harus dilakukan dalam rakor ini adalah mendata progres tindak lanjut atas evaluasi RB tahun lalu. “Terpenting, dalam rakor ini, silakan di-listing, apakah evaluasi reformasi birokrasi tahun lalu sudah ditindaklanjuti belum. Apa evaluasinya, bagaimana tindak lanjutnya,” tegas Nizar. 

Turut hadir sebagai narasumber dalam pembukaan Rakor Pokja RB, Inspektur Jenderal Kemenag Deni Suardini dan Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman.  Sementara, Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setjen Kemenag Ahmad Lutfi menginformasikan, bahwa KemenPAN RB akan melakukan evaluasi RB dan SAKIP Kemenag pada 29-30 September 2021.