Daerah

Lagi, Kemenag Salurkan Bantuan Program Percontohan Daerah Binaan di Kaltim

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kamaruddin Amin (Foto : Bi/Istimewa)

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimas Islam Kamaruddin Amin (Foto : Bi/Istimewa)

Kukar (Kemenag) --- Kementerian Agama kembali mengulirkan bantuan keagamaan dan rumah ibadah untuk Program Percontohan Daerah Binaan. Kali ini, bantuan diberikan untuk Desa Santan Tengah, Kecamatan Marangkayu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Bantuan ini secara simbolis diserahkan oleh Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Masjid Jami Asysyifa, Desa Santan Tengah, kepala Kepala Kankemenag Kabupaten Kutai Kartanegara. Turut mendampingi, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Tarmizi Tohor dan Sekretaris Ditjen Bimas Islam Fuad Nasar.

"Kami berdoa semoga bantuan ini membawa keberkahan bagi Desa Santan yang memancarkan barokah, menjadi desa santri dan memancarkan kedamaian, keimanan, dan keikhlasan bagi warganya," kata Kamaruddin Amin, di Kukar, Rabu (26/5/2021).

Bantuan Program Percontohan Daerah Binaan berupa voucher bantuan operasional masjid Asysyifaa sebesar Rp100juta, bantuan operasional Masjid Raudhatu Tholibin Rp50juta, operasional majelis taklim Al Assifa'a Santan Tengah Rp25juta, dan bantuan operasional yayasan As'adiyah Rp50juta.

Ada juga bantuan 300 paket alat salat (sajadah, mukena dan sarung), 200 mushaf Al-Quran, 100 buku Iqro, serta santunan kepada anak yatim dan bantuan perlengkapan sekolah.

Proper Daerah Binaan di Desa Santan Tengah, Kalimantan Timur diluncurkan pada tahun 2020. Menurut Kamaruddin, program ini merupakan salah satu kehadiran negara dalam merespon permasalahan ummat, utamanya di bidang agama. Program ini sudah bergulir sejak 2018.

Program ini merupakan kolaborasi 4 (empat) Direktorat pada Ditjen Bimas Islam, yaitu: Direktorat Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Direktorat Penerangan Agama Islam, Direktorat Zakat dan Wakaf, Direktorat Bina KUA dan Keluarga Sakinah serta Kesekretariatan. (Bi/Ari)


Editor: Moh Khoeron

Daerah Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua