MAN 1 Yogya Sarat Prestasi Nasional dan Internasional, Menag: Jadi Barometer Madrasah

Yogyakarta (Kemenag) --- Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta (MAN 1 Yogyakarta) merupakan salah satu madrasah yang memiliki prestasi lokal, nasional dan internasional. Prestasi ini tidak hanya diukir oleh siswa, tapi juga guru MAN 1 Yogyakarta. 

Mengapresiasi berbagai prestasi tersebut, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap MAN 1 Yogyakarta bisa menjadi barometer madrasah di Indonesia. Pernyataan ini disampaikan Menag saat menghadiri acara Apresiasi Prestasi Siswa, Guru dan Tenaga Kependidikan, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

"Saya berharap MAN 1 Yogyakarta menjadi barometer bagi Madrasah lainnya. Terlebih Yogyakarta adalah Kota Pelajar," kata Menag Yaqut, Rabu (29/9/2021). 

Acara yang mengusung tema Peningkatan Kualitas Diri Menuju Madrasah Berprestasi Berkelas Dunia, ini berlangsung secara Luring dan Daring, bertempat di MAN 1 Yogyakarta, jalan C. Simanjuntak No.60, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Saya berharap MAN 1 Yogya menjadi destinasi pendidikan tidak hanya di Yogya. Saya yakin Pak Kepala MAN 1 Yogya dan kita semua bisa," kata Menag Yaqut.

Menag Yaqut menyampaikan agar prestasi-prestasi MAN 1 Yogyakarta ini menjadi motivasi bagi madrasah lainnya untuk turut bisa terus berprestasi. "Ini luar biasa. Mudah-mudahan kita senantiasa diberikan kesehatan, karena Pandemi Covid-19 belum berakhir, ini menjadi doa agar kita semua terbebas dari Covid-19. Agar bisa beraktivitas sediakala, untuk menorehkan prestasi-prestasi. MAN 1 Yogya, Keren," kata Menag Yaqut.

Ia juga meminta agar anak-anak yang berpretasi diberi beasiswa. "Tambahilah Pak Kakanwil, semisal beasiswa. Jangan hanya sertifikat yang digantungkan di dinding," tegas Menag Yaqut disambut riuh tepuk tangan siswa MAN 1 Yogya.

Dalam kesempatan tersebut, Menag juga terkesan dengan pertunjukkan orkestra dari siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta. “Terimakasih Pak Kepala MAN 1 Yogya, atas tangan dinginnya," tutup Menag Yaqut.

Kakanwil Kemenag DIY, Masmin Afif menyampaikan bahwa kegiatan ini akan jadi memori terbaik dan mengesankan bagi MAN 1 Yogya."Ini pertamakali diberikan Menag Yaqut Cholil Qoumas. Semoga dapat memotivasi warga Madrasah dalam meningkatkan kualitas Madrasah. Ini menjadi salahsatu wujud komitmen membangun Madrasah," kata Masmin Afif.

Penghargaan ini diberikan kepada 30 orang terbaik nasional dan internasional. Karena menerapkan Protokol Kesehatan yang ketat, dilaksanakan secara Luring dan Daring. Kepada 5 orang yang mendapat penghargaan diberikan oleh Menag Yaqut, adalah :

1. Faizus Sa'bani (Pengawas Kankemenag Kab. Bantul, prestasi Nasional).
2. Wiranto Prasetyahadi (Kepala MAN 1 Yogyakarta, sebagai Kepala Madrasah berprestasi).
3. Ahmad Arif Makruf (Guru MAN 2 Sleman, peraih medali emas riset guru internasional).
4. Rita Susanti (Pustakawan Berprestasi Nasional).
5. Karang Jimbaran Setyatrisila (Siswa MAN 1 Yogya, prestasi juara I, International conference of Young Social scientist 2021 di Belgrad, Serbia).