Menag Ajak Akademisi Wujudkan Moderasi Beragama Melalui Tridharma Perguruan Tinggi

Jakarta (Kemenag) – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengajak para akademisi untuk mewujudkan moderasi beragama melalui Tridharma Perguruan Tinggi. Ajakan ini disampaikan Menag dalam Seminar Kebangsaan Dies Natalis Universitas Katolik Atma Jaya ke-61, di Jakarta. 

Sejatinya, menurut Menag, moderasi beraga merupakan cara pandang, sikap, dan praktik beragama berlandaskan prinsip menaati konstitusi dan konsensus nasional sebagai kesepakatan berbangsa. 

“Dalam konteks ini, Unika Atma Jaya dapat mengambil peran lebih besar agar dapat mendeliver nilai-nilai agama sebagai inspirasi dalam pembangunan,” ujar Menag yang hadir secara virtual, Selasa (15/6/2021). 
Melalui Tridharma perguruan tinggi, Menag berharap Unika Atma Jaya dapat berkontribusi dalam penanaman nilai moderasi beragama. Nilai-nilai Pancasila menurut Menag harus menjadi pedoman para akademisi dalam menunaikan tridharma perguruan tinggi. 

“Sebagaimana semboyan tokoh agamawan Katolik sekaligus pahlawan nasional Romo Sugijapranata di masa perjuangan kemerdekaan, ‘menjadi seratus persen Katolik, seratus persen Indonesia’,”cetus Menag. 

Spirit ini, lanjut Menag, hendaknya terus digelorakan dalam mengamalkan ajaran agama dan pada saat yang sama menjadi entitas yang tidak terpisahkan dari ke-Indonesiaan. “Melalui spirit ini, kita meyakini dapat tercipta suasana kedamaian dan kerukunan umat beragama untuk keutuhan NKRI,” harap Menag. 

Turut hadir dalam seminar kebangsaan tersebut, Rektor Universitas Atma Jaya Agustinus Prasetyantoko, Dekan, Dosen, serta mahasiswa Universitas Atma Jaya.