Nasional

Menag dan Menteri BUMN Luncurkan Program Pemberdayaan UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas saat peluncuran program pemberdayaan UMKM

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gus Menteri Yaqut Cholil Qoumas saat peluncuran program pemberdayaan UMKM

Jakarta (Kemenag) - - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama Menteri BUMN Erick Thohir hari ini meluncurkan Program Pendampingan dan Pemberdayaan UMKM "Sobat Bayar".

Program yang diluncurkan dari Kantor DPP GP Ansor ini merupakan kerja sama DPP GP Ansor, PT Pos Indonesia, dan PT BNI Persero

Peluncuran program ini ditandai dengan menekan tombol sirene bersama dilanjutkan penandatanganan MoU antara GP Ansor, PT Pos Indonesia, dan PT BNI Persero.

Program ini merupakan pendampingan dan pengembangan kewirausahaan pemuda Indonesia di bawah naungan Pemuda Ansor. Program ini juga akan mengenalkan dan ikut memasarkan produk-produk UMKM GP Ansor di Indonesia melalui sebuah aplikasi Sobat Bayar.

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan program ini diharapkan dapat membangun ekosistem yang sebesar-besarnya bersama rakyat melalui UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian umat, termasuk kemandirian pesantren.

"UMKM perlu pendampingan, pendanaan dan market, dan itu semua ada di BUMN. Begitu juga dengan ekonomi pesantren," kata Erick Thohir, Rabu (30/6/2021).

"Kami akan mengekplore lebih dalam lagi untuk menjalin kerja sama dengan Ansor dan pesantren. Saya bersama Gus Yaqut satu kesatuan yang punya niat baik dalam membangun ekonomi dan Insya Allah kerja sama ini akan terus ditingkatkan, " sambung Erick Thohir.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas sekaligus Ketua Umum DPP Gerakan Pemuda Ansor menyampaikan, program kerja sama ini sangat penting terutama dalam mengangkat ekonomi kader Ansor yang jumlahnya mencapai tujuh juta di Indonesia.

"Mayoritas kader Ansor berada di level ekonomi menegah ke bawah. Kerja sama ini sangat tepat dan menjadi momentum dalam membantu kader Ansor untuk bangkit di tengah pandemi," tandas Gus Yaqut.

"Terima kasih kepada Menteri BUMN yang sudah mendukung dan memberi restu atas program membantu ekonomi anak negeri," lanjut Gus Menteri.

Hadir dalam peluncuran Program Pendampingan dan Pemberdayaan UMKM "Sobat Bayar" Dirut PT Pos Indonesia, Faisal Rochmat, Dirut PT BNI Royke Tumilaar dan jajaran serta pengurus DPP GP Ansor.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Fadhlillah Hafizhan M

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua