Menag Minta UIN Respon Peningkatan Kualitas Lulusan Madrasah Aliyah

Serpong (Kemenag) --- Kualitas lulusan Madrasah Aliyah (MA) terus meningkat. Hal ini ditandai dengan banyaknya prestasi yang diraih siswa MA, baik akademik maupun non akademik. 

Terbaru, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Serpong bahkan menjadi yang terbaik secara nasional versi hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang digelar Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Kemendikbud. 

Banyak lulusan madrasah yang diterima di perguruan tinggi ternama, baik di dalam maupun luar negeri. Alumni MAN IC Serpong misalnya, banyak diterima di ITB, UI, UGM, Unair, bahkan perguruan tinggi di Jepang dan Amerika. Namun, tidak banyak yang melanjutkan ke Universitas Islam Negeri (UIN).

“Lulusan MAN IC tersebar di berbagai perguruan tinggi, tapi jarang yang ke UIN? Ada masalah apa? Apakah passing grade UIN terlalu tinggi atau UIN tidak menarik bagi alumni MAN IC?” sentil Menag saat memberikan sambutan pada Milad ke-25 MAN IC Serpong di Serpong, Selasa (5/10/2021).

Hadir, Dirjen Pendidikan Islam M Ali Ramdhani, Direktur GTK Madrasah Muhammad Zain, Kakanwil Kemenag Banten Nanang Fathurahman, serta Plt Karo Humas, Data, dan Informasi Thobib Al Asyhar.

Baca juga: Menag Tantang Madrasah Kalahkan Prestasi MAN IC Serpong

Menag meminta, UIN di berbagai provinsi dapat merespon peningkatan kualitas lulusan MA. Sehingga mereka juga bisa mendapatkan pilihan perguruan tinggi yang lebih banyak saat akan kuliah. 

“MAN IC sudah luar biasa. Jangan sampai pendidikan di level yang lebih tinggi yang menjadi binaan Kemenag tidak menyambut ‘row material’ yang sudah diproduksi ini,” terang Menag.

“UIN harus ditingkatkan prestasinya. Apa yang menjadi mandatory bidang pendidikan di Kemenag harus tuntas,” pesan Menag.

Menag juga berharap, peningkatan kualitas ditingkatkan pada pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah (MTs). Sehingga, sebagai jenjang pendidikan di atasnya, MA bisa mendapat input siswa yang juga berkualitas.