Nasional

Mengenal Ano Suharna, Penyuluh Agama Perintis Kampung Ekonomi Digital di Banten

Penyuluh Non PNS, Pandeglang, Ano Suharna

Penyuluh Non PNS, Pandeglang, Ano Suharna

Banten (Kemenag) --- Penyuluh Agama menjadi garda terdepan Kementerian Agama dalam memberikan pelayan kepada umat. Di antara mereka ada yang pegawai negeri sipil (PNS) dan ada yang bukan PNS.

Saat pandemi, mereka dituntut lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelayanan. Objek layanannya juga terkadang tidak hanya pada persoalan keagamaan, tapi hingga masalah kampung digital.

Hal ini antara lain yang dilakukan Ano Suharna, penyuluh agama bukan PNS dari Kecamatan Mandalawangi, Pandeglang, Banten.

Pandeglang dikenal sebagai Kota Sejuta Santri, Seribu Ulama. Memiliki 35 Kecamatan, salahsatunya Kecamatan Mandalawangi, yang terdiri atas 15 desa. Mandalawangi, diapit oleh Gunung Karang dan Pulau Sari, berbatasan dengan Ciomas Kabupaten Serang. Udara di kawasan ini sejuk dengan hamparan sawah yang luas. Disinilah, Ano Suharna mengabdikan dirinya untuk umat.

Selama pandemi, selain memberikan penyuluhan di bidang agama, Ano Suharna ikut membantu masyarakat dalam pengembangan kampung digital.

Dia membina masyarakat Pandeglang, agar melek teknologi. "Produk-produk lokal, dijual, dengan manajemen marketing lewat online," kata Kasubbag TU Kankemenag Pandeglang Asep Mulyadi di Pandeglang, Kamis (7/10/2021).

Kampung ekonomi digital ini menjual produk seperti emping melinjo, jahe merah, jagung, talas beneng (daunnya jadi tembakau, dan obat), dan lainnya.

"Ano Suharna sebagai penyuluh Non PNS teladan, juga sebagai pengembang wisata di daerah Mandlawangi, Pandeglang," jelas Asep Mulyadi.

"Kami bangga kepada Ano Suharna, selaku penyuluh Non PNS, di tengah pandemi Covid-19, masih bisa mengembangkan kampung ekonomi digital, di Kecamatan Mandalawangi, Banten," sambungnya.

Asep Mulyadi berharap, inovasi Ano Suharna ini bisa menjadi gerakan nasional yang mampu mengangkat ekonomi masyarakat, utamanya di tengah Pandemi Covid-19.

Ikhtiar Ano Suharna juga mendapat apresiasi dari Bupati Pandeglang Irna Nurlita Dimyati. Dia mengucapkan terimakasih dan salam sukses untuk Ano Suharna sebagai penyuluh agama Islam Non PNS yang memiliki inovasi, menggagas kampung ekonomi digital.

"Ibu doakan, sukses selalu, semangat untuk menebar kebaikan di negeri ini, khususnya di Pandeglang," ujarnya.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Sugito

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua