Nasional

Peringatan Hari Disabilitas Internasional, Eny Yaqut Didaulat sebagai Bunda Inklusi Kemenag

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut

Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut

Yogyakarta (Kemenag) --- Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama Eny Retno Yaqut didaulat sebagai Bunda Inklusi dari Ditjen Pendidikan Islam dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional 2021.

Seremonial peringatan dipusatkan di Gedung Prof HM Amin Abdullah, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Jumat (3/12/2021) dengan mengusung tema Pendidikan Tanpa Diskriminasi Setara Untuk Semua.

Hadir, Rektor UIN Sunan Kalijaga, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani beserta jajarannya, Ketua DWP Kemenag, Kanwil Kemenag DI Yogyakarta, perwakilan mahasiswa dan pelajar disabilitas serta Forum Pendidik Madrasah Inklusi baik di tingkat Pusat maupun wilayah Se-Indonesia.

Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang digelar dengan protokol kesehatan ini merupakan kerja sama antara Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI bersama Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI, dan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

"Hari ini adalah hari yang mengingatkan kita kembali pada prinsip-prinsip ajaran agama yang mengajarkan kepada kita semua tentang penghormatan, pengakuan kemanusiaan, mengajarkan akhlak, kemuliaan, kesetaraan, layanan untuk semua, anti diskriminasi dan nilai kebaikan lainnya, " kata Bunda Inklusi Eny Retno Yaqut, saat didapuk menjadi pembicara dalam peringatan Hari Disabilitas Internasional, di Yogyakarta.

"Pada peringatan Hari Disabilitas Internasional ini, saya rasa bisa menjadi kesempatan yang sangat baik bagi kita semua untuk mewujudkan tekad kebersamaan itu, untuk membangun komitmen bersama mewujudkan layanan pendidikan yang inklusif, tanpa disktriminasi dan setara untuk semua," sambungnya.

Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2021 diantaranya Indonesian Conference on Disability Studies and Inclusive Education., Deklarasi Pendis Inklusif, MoU Resource Centre FPMI Pusat dengan UIN Sunan Kalijaga DI Yogyakarta., Pemberian Penghargaan kepada Mahasiswa Difabel/PDBK Berprestasi tingkat Nasional dan Internasional.

Penghargaan ini diserahkan Penasihat DWP Kemenag RI Eny Retno Yaqut didampingi Ketua DWP Kemenag Farikha Nizar dan jajaran pengurus DWP Kemenag RI.


Editor: Moh Khoeron
Fotografer: Rikie Andriyawan

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua