Nasional

Serahkan DIPA 2022, Menag: Buat Program Sesuai Kebutuhan Masyarakat 

Menteri Agama Menyerahkan DIPA Tahun 2022

Menteri Agama Menyerahkan DIPA Tahun 2022

Jakarta (Kemenag) --- Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan (DIPA) Kementerian Agama (Kemenag) Tahun Anggaran 2022 kepada seluruh unit Eselon I, di Jakarta.

“Jangan hanya melakukan kegiatan yang dirasa aman dan dilakukan bertahun-tahun. Cari alternatif program yang sesuai kebutuhan masyarakat. DIPA yang diamanatkan ini harus dirasakan oleh masyarakat,”tegas Menag saat menyerahkan DIPA 2022, Senin (6/12/2021).

Menag menginstruksikan, usai menerima DIPA 2022, seluruh Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dari pusat hingga daerah segera melakukan telaah dan mengidentifikasi pekerjaan. “Segera telaah. Lihat program strategis dan prioritas. Berpikir imajinatif,”pesan Menag.

“Jika outputnya (suatu program) sudah tidak lagi efektif, cari alternatif lain yang manfaatnya bisa langsung dirasakan oleh masyarakat," sambungnya.

Menag juga mengingatkan bahwa Penyerahan DIPA Kementerian Agama Tahun 2022 dan penandatanganan Perjanjian Kinerja tidak semata sebagai acara seremonial atau rutinitas belaka.

“Acara ini merupakan bentuk penguatan komitmen saudara-saudara dan kita semua dalam rangka menjalankan amanat yang dibebankan negara dan masyarakat kepada Kementerian Agama,” ujar Menag.

Komitmen ini, lanjut Menag, meliputi kesediaan untuk melaksanakan dan mewujudkan visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden, dan pencapaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024, serta Rencana Strategis Kementerian Agama 2020-2024.

“Termasuk dalam hal ini pelaksanaan program prioritas Kementerian Agama tahun 2022,” tegas Menag.

Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto yang turut hadir dalam kesempatan tersebut, berharap bahwa anggaran yang diterima oleh Kementerian Agama untuk Tahun 2022 dapat dimaksimalkan fungsinya agar menjadi warna bagi anak bangsa dalam melakukan perubahan dan inovasi.

“Kami terus mendukung program yang dilakukan oleh Kementerian Agama dan kami siap untuk selalu menerima masukan dan diskusi agar program yang cita-citakan oleh Kementerian Agama dapat terlaksana sesuai dengan harapan,” terang Yandri.

Tampak hadir dalam acara penyerahan DIPA, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa`adi, Para Staf Khusus, Tenaga Ahli, Sekretaris Jenderal Kementerian Agama dan Para Pejabat Eselon I Kementerian Agama RI.


Editor: Indah
Fotografer: Romadaniel

Nasional Lainnya Lihat Semua

Berita Lainnya Lihat Semua