Siswa MAN IC OKI Raih Medali Perak Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia 2021

Kayuaung (Kemenag) --- Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Ogan Komering Olir (OKI) atas nama Hellen Heristawati dan Salsabila Izzati meraih medali perak dalam ajang Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) bidang boga.

Ajang ini diselenggarakan oleh Puspenas, Kemdikbud Ristek tahun 2021. Pengumuman juara disiarkan secara virtual melalui zoom meeting dan channel youtube Puspenas, Jumat (15/21).

Siswa MAN IC OKI menampilkan produk Maswit Cikarsa. Ide pembuatan produk Maswit Cikarsa, berawal dari pembelajaran PKWU bidang pengolahan bahan baku yang berada di sekitar rumah siswa saat masa PJJ. Kedua siswa ini pun memiliki ide untuk menjadikan jamur sawit yang ada di dekat rumahnya untuk dijadikan camilan.

Mereka dibimbing oleh Neng Saadah, S.Pd. mendaftarkan idenya dalam ajang FIKSI 2021. Kemudian dinyatakan lolos menjadi finalis, memproduksi, memaparkan hasil produksi, sampai dengan menggelar expo virtual. Sampai pada pengumuman dengan hasil medali perak bidang boga.

Dalam Malam Anugerah Pemenang FIKSI 2021, Mendikbud Ristek, Nadiem Anwar Makarim, memberikan sambutan sekaligus menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta dan finalis yang telah berinovasi pada masing-masing bidang. 

“Saya ucapkan selamat kepada para peraih medali dan seluruh finalis FIKSI 2021. Inovasi yang adik-adik cetuskan hari ini adalah kekuatan kita untuk membangun Indonesia tumbuh dan tangguh di masa depan," ucap Mas Menteri.

Senada dengan Mas Menteri, Dirjen Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, menyampaikan apresiasi sekaligus memberi motivasi kepada seluruh finalis. “Pernah gagal, tapi kalau gagal adalah kesuksesan yang tertunda itu hanya kalau kalian berani mencoba terus berinovasi, gagal lima kali coba ke enam kalinya, gagal 10 kali coba 11 kalinya, pokoknya coba terus,” seru Sakarinto dalam memotivasi finalis. 

Kepala MAN IC OKI, H. Kiagus Faisal sangat bangga dan besyukur dengan raihan siswanya. “Alhamdulillah, saya sangat bangga dan bersyukur. Ananda Hellen dan Salsabila berhasil meraih medali perak. Ini bukti anak madrasah memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi. Semoga dapat menjadi awal untuk terus berinovasi,” ucap Faisal senang.

Hellen dan Salsabila berinovasi membuat makanan ringan Maswit Cikarsa (Jamur Sawit Citar Rasa Anak Bangsa). Ini adalah inovasi produk camilan  yang berasal dari limbah padat kelapa sawit berupa tandan kosong yang ditumbuhi jamur. Produk ini berupa makanan siap saji yang dapat langsung dinikmati dan diolah dengan cara digoreng crispy dengan baluran tepung di luarnya. (Af)